Siapa Yang Chil Sung? Kenapa Bisa Jadi Pejuang Kemerdekaan di Indonesia

Siapa Yang Chil Sung? Kenapa Bisa Jadi Pejuang Kemerdekaan di Indonesia

Siapa Yang Chil Sung? Kenapa Bisa Jadi Pejuang Kemerdekaan di Indonesia--kbs

INFORADAR.ID - Film Tanah Air Kedua berkisah tentang pahlawan Garut asal Korea Yang Chil Sung akan diperankan oleh Kim Bum dan Maudy Ayunda.

Film Tanah Air Kedua mengisahkan tentang perjuangan Yang Chil Sung berjuang melawan penjajah bersama warga Garut.

Kim Bum akan memerankan tokoh utama yakni Yang Chil Sung atau Komarudin. Sedangkan Maudy Ayunda akan berperan sebagai istri dari Yang Chil Sung yang merupakan warga Garut asli Wanaraja.

Siapa Yang Chil Sung atau Komarudin yang sedang ramai menjadi perbinvangan setelah kabar Kim Bum dan Maudy Ayunda akan bermain di Film Tanah Air Kedua?

Yang Chil Sung atau yang dikenal dengan nama Komarudin adalah seorang pejuang kemerdekaan Indonesia asal Korea. Nama asli Komarudin adalah Yang Chil Sung, sedangkan nama Jepangnya Shichisei Yanagawa.

Kehidupan Awal

Awal mula ia dipaksa ditugaskan oleh pemerintah kolonial Jepang sebagai penjaga tawanan tentara sekutu di Bandung tahun 1942. Saat itu Korea dan Indonesia sedang dijajah oleh Jepang.

Pejuang Kemerdekaan Indonesia

Setelah Indonesia merdeka tahun 1945 Yang chil Sung tetap tinggal di Indonesia. Ia berganti nama menjadi Komarudin setelah memeluk Islam.

Ketika tentara Belanda kembali datang ke Indonesia dan melakukan agresi militer, Komarudin datang ke Garut dan bergabung dengan Tentara Nasional Indonesia.

Komarudin turut bergabung melakukan gerilya dalam kelompok yang dijuluki "Pasukan Pangeran Papak".

Komarudin bersama dua tentara Hasegawa dan Masahiro Aoki dikenal dengan kemampuan bertempur yang baik.

Mereka turun berperang dalam peristiwa Bandung Lautan Api. Komarudin juga tercatat pernah menggagalkan upaya Belanda merebut Wanaraja dengan menghancurkan Jembatan Cimanuk.

Tertangkap oleh tentara Belanda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber