Partisipasi Warga RW 007 PCI Blok C Desa Harjatani Jadi Andalan

Partisipasi Warga RW 007 PCI Blok C Desa Harjatani Jadi Andalan

PANTAU: Kades Harjatani, Kecamatan Kramatwatu Sofan saat memantau kegiatan gotong royong warga Lingkungan PCI Blok C, RW 007, Desa Harjatani, Senin 28 Agustus 2023--

INFORADAR.ID - Partisipasi warga RW 007 Pondok Cilegon Indah (PCI) Blok C, Desa Harjatani, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang pada Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) sangat besar.

Pantauan Inforadar.id Senin 28 Agustus 2023 di lingkungan PCI Blok C, warga yang notabene merupakan pensiunan berbagai perusahaan ini terlihat sibuk membenahi lingkungan.

Ada yang mengecat jalan, membuat gapura, membenahi tanaman di pekarangan rumah, hingga memunguti sampah yang berserakan di jalan.

Diketahui, di RW 007 terdapat 6 lingkungan RT yang semuanya ikut sebagai peserta LKBA mewakili Desa Harjatani. Setiap hari warga rutin gotong royong membersihkan lingkungan.

Ketua RW 007 Suparto mengatakan, karena sebagian besar warga merupakan pensiunan, setiap hari rutin gotong royong membersihkan lingkungan.

"Jadi kekompakan dan partisipasi masyarakat terhadap lingkungan sangat besar," kata Suparto kepada Inforadar.id.

Dijelaskan Suparto, di lingkungannya terdapat Taman Bermain Anak, joging track, budidaya ikan, taman pemakaman, hingga aula tempat berkumpul atau musyawarah warga.


GOTONG ROYONG: Ketua RW 007, PCI BLOK C, Desa Harjatani, Kecamatan Kramatwatu Suparto (baju merah) berfoto bersama warga yang sedang gotong royong mengecat jalan lingkungan, Senin 28 Agustus 2023--

"Kebersihan lingkungannya selalu terjaga, per bulannya warga iuran Rp20 ribu untuk biaya kebersihan," jelasnya.

Selain itu, untuk penataan LKBA ini, kata Suparto, warga di setiap RT bebas menentukan iuran dan penataan sesuai kreativitas masing-masing.

"Jadi semuanya berpartisipasi, bergerak bersama gotong royong," tuturnya.

Bahkan, kata Suparto, kegiatan sistem keamanan lingkungan pun berjalan dengan baik, sudah terjadwal dan diagendakan dengan baik. 

Kepala Desa Harjatani Sofan menambahkan, untuk LKBA tahun ini pihaknya memilih warga di Lingkungan PCI Blok C RW 007 sebagai perwakilan Desa Harjatani karena warganya memiliki kekompakan dalam berbagai hal.

"Memang di RW 007 PCI mah warganya kompak, kalau ada kegiatan apapun selalu solid," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: