Untuk Pertama Kalinya, Presiden Jokowi Kunjungi 4 Negara di Kawasan Afrika

Untuk Pertama Kalinya, Presiden Jokowi Kunjungi 4 Negara di Kawasan Afrika

Presiden Jokowi bertolak dari Bandara Internasional Kualanamu, Sumut menuju Afrika, Minggu, 20 Agustus 2023. Foto: BPMI Setpres -----

INFORADAR.ID --- Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pertama kalinya sejak menjabat sebagai presiden mengadakan kunjungan kerja ke 4 (empat) negara di Kawasan Afrika. 

Jokowi setidaknya akan mengunjungi 4 (empat) negara di Kawasan Afrika. Antara lain Kenya, Tanzania, Mozambik dan Afrika Selatan

Presiden dan rombongan bertolak dari Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. 

"Kami akan mengunjungi empat negara, yaitu ke Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan, dan ini merupakan kunjungan pertama saya sebagai presiden ke kawasan Afrika,” kata Presiden dalam keterangan persnya sebelum keberangkatan di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu, 20 Agustus 2023.

Dilansir dari laman setkab.go.id, Jokowi mengatakan, Indonesia dan Afrika memiliki hubungan historis yang panjang karena Indonesia adalah penggagas, sekaligus tuan rumah Konferensi Asia-Afrika (KAA) pertama di tahun 1955 di Bandung, Jawa Barat. 

Selain itu, kata Presiden, Indonesia juga berperan penting dalam melahirkan Gerakan Nonblok.

"Jadi, spirit Bandung inilah yang akan saya bawa dalam kunjungan ke empat begara di Afrika dengan memperkokoh solidaritas dan kerja sama di antara negara-negara the Global South,” katanya.

Jokowi nenambahkan, terkait negara yang akan dikunjungi, bahwa Kenya dan Tanzania ini telah menunjukkan komitmennya untuk terus memperkokoh kerja sama dengan Indonesia.

"Kenya dan Tanzania ini telah membuka kedutaan besarnya di Jakarta tahun lalu. Hal ini tentunya merupakan komitmen kedua negara tersebut untuk terus memperkuat kerja sama dengan negara kita,” lanjutnya. 

Sementara itu Mozambik, kata Presiden, merupakan negara di Kawasan Afrika pertama yang memiliki preferential trade agreement (PTA) dengan Indonesia. Sedangkan kunjungan ke Afrika Selatan, lanjut Presiden, untuk memenuhi undangan menghadiri acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS 2023.

"Tentu saja nanti di sela-sela KTT BRICS akan dilakukan berbagai pertemuan bilateral dengan kepala-kepala negara yang lainnya,” kata Presiden. 

Dijadwalkan, Presiden dan rombongan akan tiba di Tanah Air pada 25 Agustus 2023 mendatang. 

Turut mendampingi Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif dan Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: