Mitos Atau Fakta 5 Hal Ketika Kamu Sedang Menstruasi

Mitos Atau Fakta 5 Hal Ketika Kamu Sedang Menstruasi

Potret seorang perempuanyang sedang mengalami rasa sakit menstruasi.-pexels/@Sora Shimazaki-

INFORADAR.ID – Buat kalian para perempuan, kalian perlu banget tahu mengenai mitos atau faktanya ketika menstruasi dan melakukan beberapa hal di bawah ini.

menstruasi menjadi hal yang rutin dialami oleh setiap perempuan pada masa dan periode tertentu juga waktu tertentu juga.

Namun sering kali kita mendengar beberapa larangan ketika datang waktunya kita menstruasi sehingga harus menghindari beberapa kebiasaan yang kerap kali kita lakukan.

Hal itu menjadi argument yang simpang siur, karena banyaknya masukan yang sering kali dilontarkan oleh orang terdekat kita, sehingga kita benar-benar tidak melakukan larangan itu semasa menstruasi.

Yuk, simak penjelasan terkait beberapa hal yang kerap  Bmenjadi larangan ketika perempuan menstruasi, apakah mitos atau fakta?

mitos Pertama
Tidak boleh keramas saat menstruasi

Faktanya: Sebaliknya, justru kita harus keramas supaya badan kita tidak semakin kotor, karena produksi keringat akan meningkat ketika kita menstruasi.

Hal itu disebabkan karena hormone progesterone dan estrogen turun, sedangkan hormone testosterone naik dan terjadilah peningkatan muncunya keringat, sehingga kotoran lebih cepat menumpuk.

mitos Kedua
Minum air dingin membuat darah beku dan Rahim akan mengeras

Faktanya: Makanan dan minuman yang kita konsumsi masuk ke saluran pencernaan, sedangkan siklus menstruasi terjadi pada saluran reproduksi.

Secara ilmiah, dua jalur tersebut tidak akan bertemua dan tidak akan mempengaruhi satu sama lain karena tidak ada pertemuan antar keduanya.

mitos Ketiga
Minuman bersoda memperlancar menstruasi

Faktanya: Minuman yang dikonsumsi itu tidak akan mempengaruhi menstruasi, namun dipengaruhi oleh hormone saja.

Jadi, apa saja yang mempengaruhi hormon kita, itulah yang juga akan mempengaruhi siklus menstruasi, seperti hanya kita dalam keadaan stress, maka itu akan menghambat jadwal menstruasi kita menjadi lebih telat.

mitos Keempat
Saat menstruasi tidak boleh berolahraga

Faktanya: Boleh melakukan olahraga, tapi tipis-tipis saja. Dengan berolahraga, bisa mengurangi rasa sakit di hari-hari pertama.

Selain itu juga, berolahraga bisa memperlancar sirkulasi darah. Namun jangan melakukan olahraga yang berat-berat dan berlebihan, karena itu kurang baik juga.

mitos Kelima
Berhubungan intim saat menstruasi tidak bisa hamil

Faktanya: melakukan hubungan bisa menyebabkan kehamilan, walau kemungkinannya sangat kecil hal itu terjadi.

Namun, yang harus sangat dierhatikan adalah, itu justru akan berbahaya, karena bisa menyebabkan risiko penyakit menular seksual.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: