5 Cara Meningkatkan Public Speaking Agar Tidak Grogi Saat Presentasi

5 Cara Meningkatkan Public Speaking Agar Tidak Grogi Saat Presentasi

Ilustrasi --Freepik/ wavebreak_micro

Saat Pembicara TED tampil di atas panggung, mereka sering kali memulai dengan kisah pribadi yang singkat. Struktur ini membantu mereka terhubung secara pribadi dengan audiens, membagikan minat mereka terhadap apa yang akan mereka diskusikan, atau menjelaskan keahlian mereka. 

Untuk menambahkan sentuhan pribadi semacam ini ke presentasi Anda, pastikan apa yang Anda bagikan memiliki hubungan langsung dengan topik yang sedang dibahas. Jika menurut Anda seseorang tidak akan mudah memahami maksud dari cerita pribadi, abaikan saja.

4. Kuasai Panggung

Pastikan kamu mengetahui lebih dulu posisi panggung serta pastikan perlengkapan presentasimu terhubung.

Tanyakan tentang batasan waktu, apakah orang akan makan selama pembicaraan Anda, dan jenis mikrofon apa yang akan Anda gunakan.

Kemudian, saat Anda berada di atas panggung, kuasai ruang tersebut. Berjalanlah ke area yang berbeda untuk melakukan kontak mata dengan orang lain di antara penonton. 

Waspadai bahasa tubuh Anda. Biarkan lengan Anda menggantung dengan longgar. Berdirilah dengan postur yang sangat baik, dengan punggung tegak, dan tersenyumlah. Dapatkan kendali atas gerakan gugup apa pun seperti memasukkan tangan ke dalam saku atau menggaruk kepala sehingga tidak mengalihkan perhatian dari pesan yang Anda sampaikan.

5. Buat Akhir Presentasi yang Berkesan 

Sama pentingnya dengan 30 detik pertama yang menentukan ketertarikan audiens, pada penutup presentasi sama pentingnya untuk memberikan kesan yang baik. Beberapa hal yang bisa disampaikan pada akhir presentasi seperti

  • Ajakan melakukan tindakan atau langkah selanjutnya dari materi presentasi
  • Kutipan berkesan yang menginspirasi atau mengilustrasikan poin dari presentasi Anda
  • Kisah pribadi yang menunjukkan mengapa masalah ini sangat penting bagi Anda
  • Serta ringkasan paling penting 

Itulah beberapa poin yang bisa membantu keterampilan public speaking Anda agar lebih efektif.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: