Kenali Manfaat Menangis yang Jarang Orang Tahu, Jangan Dibendung Lagi

Kenali Manfaat Menangis yang Jarang Orang Tahu, Jangan Dibendung Lagi

Ilustrasi Seseorang yang sedang menangis, meluapkan kan rasa sedihnya.-pexels/@Andrea Piacquadio-

INFORADAR.ID – Guys, ternyata manfaa dari menangis, banyak banget loh.

Banyak orang yang mengira ketika kita menangis, dia menganggap bahwa kita merupakan orang yang lemah dan gampangan atau baperan.

menangis biasanya menjadi salah salah satu jalan ninja untuk mengungkapkan perasaan sedih kita, terkhusus bagi kaum perempuan yang dinilai memiliki perasaan mudah tersentuh.

Perlu diketahui, ternyata banyak sekali manfaat dari mengangis, yang tentunya hal itu menjadi salah satu penolong kita untuk mengungkapkan perasaan di dalam diri kita.

Adapun beberapa manfaat menangis yang perlu kita ketahui, antara lain:

1. Mengurangi Stress

menangis ini bisa sekaligus membantu kita untuk mengeluarkan hormone dan pemicu Stress yang ada di dalam diri kita.

Bila kita menahan tangisan, itu akan meyebabkan kecemasan ekstrim dan mengakibatkan Stress berat menumpuk pada tubuh kita.

2. Membuat Hati Lebih Tenang

Saat kita menangis dengan berbagai pikiran yang kita miliki, diibaratkan itu artinya tubuh sedang melepaskan diri dari racun pada badan.

Dengan itu, alas an utama mengapa setelah menangis suasana hati kita menjadi jauh lebih baik karena mengeluarkan Hormon oksitosin dan endorfin.

3. Mempererat Relasi

Nah, yang satu ini bekaitan dengan sikap kemanusiaan, di mana menangis dapat mencitakan ikatan emosional dengan orang lain.

Dengan empati yang iberikan orang-orang di lingkungan kita, bahkan meraka juga bisa ikut prihatin dan ikut menangis.

Relasi yang semakin erat karena tangisan dapat menaruh rasa pecaya kepada kita karena mengetahui bagaimana dan apa yang kia rasakan.

Nah, ketiga hal diatas menajdi beberapa manfaat penting dari menangis. Jadi, mulai saat ini jangan sampai kita menahan tangisa lagi, oke!

Validasi perasaan itu penting sekalia dan salah satunya degan mengangislah kita bisa mengungkapkan semua hal itu dari keganjalan yang ada di dalam diri kita.(*)

Siti Nursyhaidah Syabani, Mahasiswa PPL UIN SMH Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: