7 Kebiasaan yang Mengganggu Kesehatan Otak

7 Kebiasaan yang Mengganggu Kesehatan Otak

Ilustrasi : Seseorang dengan kesehatan otaknya yang terganggu.-pixabay/@Mohamed_hassan-

INFORADAR.ID – Guys, kebiasaan yang kita lakukan akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita, terutama otak kita sebagai salah satu organ vital yang kita miliki.

Kesehatan otak kita yang harus sangat diperhatikan agar tubuh dan pikiran kita selalu tetap fresh dan lebih segar.

Pengaruh kebiasaan kita ini pasti akan dirasakan oleh seseorang yang selalu melakukan kebiaasaan buruk, baik disadari ataupun tidak kita sadari.

Apabila nantinya Kesehatan otak kita terganggu, makan perlu adanya pembiasaan lain yang perlu dilakukan agar Kesehatan otak kita kembali lebih baik.

Maka dari itulah Kesehatan otak kita ini perlu dijaga secara intensif karna akan sangat fatal jika Kesehatan otak sudah terganggu.

Yuk, perhatikan beberapa kebiasaan ini yang kerap kali kita lakukan namun justru malah bisa mengganggu Kesehatan otak kita:

1. Sering Begadang

Coba buat stop begadang, kebiasaan begadang bisa mengganggu kemampuan otak dalam mengingat dan berpikir.

Orang yang terlalu sering begadang cenderung akan membuat dirinya kesulitan dalam berpikir, karena kerja otak yang juga melambat.

2. Sering Konsumsi Junk Food

Guys, ternyata berpengaruh banget loh apa yang kita makan atau minum untuk kesehatan dan kinerja otak kita. 

Kalau kita terlalu sering makan atau minum yang enggak sehat dan bisa membuat fungsi otak kita jadi terganggu.

3. Sering Stress

Paling sering kejadian karna terlalu banyak pikiran dan stress. Ini merupakan kebiasaan yang bukan hanya mengganggu otak, tapi juga mengganggu kesehatan mental.

Banyaknya tekanan yang masuk ke otak kita, sehingga hal itu tentu akan membuat pikiran kita lebih ekstra bekerja, sehingga fungsionalnya terganggu akibat pikiran itu.

4. Kurang Aktif Bergerak

Dengan bergerak dan olahraga, bisa membuat otak lebih sehat karena aliran darah dan asupan oksigen ke otak bisa termaksimalkan dengan baik.

Dengan seringnya gerakan badan yang kita lakukan, itu akan melatih kinerja otak kita dengan baik. Namun, sebaliknya jika kita terlalu banyak berdiam diri tanpa melakukan apa-apa.

5. Terbiasa Merokok

Nah yang ini pasti pastinya kita sudah tahu, kalau merokok itu tidak baik di berbagai macam hal, salah satunya bisa mengganggu Kesehatan otak kita.

Asap yang kita hisap akan masuk dan ke dalam tubuh kita sehingga kinerja organ dalam kita lebih ekstra untuk menyaring asap tersebut yang tentunya memerlukan kinerja otak.

6. Kurang Paparan Sinar Matahari

Kurang paparan sinar matahari berada terlalu lama di ruangan tanpa sinar matahari juga dapat memperlambat kinerja otak Ihoo. Yuk jemur di pagi harii!

Sinar matahari mampu menghantarkan nutrisi ke dalam tubuh kita, sehingga otak kita akan terasa fresh karena paparan matahari tersebut.

7. Sering Menyendiri 

Terlalu sering menyendiri juga merupakan kebiasaan yang gak baik buat Kesehatan otak manusia. 

Dengan menyendiri, kita jadi kurang berinteraksi dengan banyak orang, jadi otak kita pasif gak aktif. Itu yang bikin kita jadi sering pelupa.

Nah, beberapa hal di atas perlu kita hindari, seminimalnya kita kurangi agar Kesehatan otak kita bisa terasa lebih segar dan fresh, sehingga kinerjanya dapat berfungsi sebagaimana mestinya.(*)

 

Siti Nursyhaidah Syabani, Mahasiswa PPL UIN SMH Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: