Jangan Jadi Orang Gaenakan Lagi, Yuk Ikuti Tips Ini

Jangan Jadi Orang Gaenakan Lagi, Yuk Ikuti Tips Ini

ilustrasi tidak enak hati--Pixabay @geralt

INFORADAR.ID - Siapa dari kamu yang suka merasa tak enak dengan orang lain? Tentu banyak yang merasa seperti ini, dan hal ini akan sangat mengganggu 

Seperti, ketika ada orang lain yang meminta pertolonganmu padahal kamu tidak bisa melakukannya. Kamu terpaksa menerima permintaan tersebut karena merasa tidak enak.

Namun, taukah kamu sifat tak enak bisa merugikan dan menciptakan masalah baru buat kamu. Lalu, bagaimana melepaskan rasa tak enak ini?

Berikut adalah 5 tipsnya :

1. Jangan takut untuk mengatakan tidak

Jangan takut untuk mengatakan 'tidak' pada hal-hal yang tidak ingin kamu lakukan. Tidak ada salahnya untuk mengatakan 'tidak' ketika kamu sedang fokus pada aktivitasmu.

Selain itu, kamu juga harus ingat untuk tidak meminta maaf terlalu banyak. Sebelum kamu meminta maaf, pikirkan apakah itu kesalahanmu atau bukan.

2. Stop berusaha menyenangkan semua orang

Ingat, bahwa kamu memiliki prioritas yang harus dilakukan. Jika kamu masih mencoba menyenangkan semua orang, pada akhirnya kamu akan lelah karena tidak memenuhi harapan mereka.  Selain itu, perasaan dan suasana hati orang lain adalah tanggung jawab mereka sendiri.

3. Jangan takut untuk menjelaskan alasan penolakanmu

Jangan ragu untuk menjelaskan alasan kamu menolak permintaan tersebut. Misalnya, karena permintaan tersebut bukan keahlianmu, atau karena kamu memiliki prioritas yang harus segera diselesaikan atau mungkin karena kamu sedang sibuk bekerja. Kamu harus mengatakan sejujurnya temanmu agar ia memahami situasimu.

4. Bersikaplah tegas

Jika seorang teman meminta bantuan kamu sekali atau dua kali, tidak masalah. Namun, jika dia meminta bantuan berulang kali, jangan ragu untuk menolak dan bersikaplah tegas.

Katakan padanya bahwa kamu memiliki prioritas lain.

5. Tunjukkan pengertian

Tips terakhir kamu harus memberikan alasan yang baik mengapa kamu menolak permintaannya. Tunjukkan juga rasa terima kasih agar dia tidak kecewa atau tersinggung dengan keputusanmu.

Itulah 5 tips untuk membantumu untuk melepaskan rasa tidak enakan dengan orang lain.

Memang sifat ini bisa membantu kamu untuk menjaga konflik dengan orang lain, tapi kamu juga harus ingat bahwa jika kamu sering melakukannya hal ini juga bisa jadi suatu masalah buatmu.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: