Sering Ngerasa Keteteran Karena Manajemen Waktu Buruk? Ikut Cara Ini Biar Berubah

Sering Ngerasa Keteteran Karena Manajemen Waktu Buruk? Ikut Cara Ini Biar Berubah

Ilustrasi management waktu yang harus dilakukan dengan baik.-Pixabay/geralt-

INFORADAR.ID – Menjadi seorang yang bisa menyesuaikan waktu dan tempat merupakan salh satu jalan agar kita bisa memanajemn waktu kita juga tidak terburu-buru atau keteteran.

Manajemen waktu yang baik dan efektif, mampu mendorong diri kita untuk terus melakukan hal-hal yang produktif sesuai dengan kapasitas yang kita miliki.

Banyak yang bisa kita rasakan jika kita mampu memanaj waktu kita sebaik mungkin, sehingga kita bisa terlatih menjadi pribadi yang teratur.

Dengan memiliki banyak kegiatan, di sanalah peran manajemen waktu akan sangat dibutuhkan agar kita bisa lebih terorganisir.

Adapun beberapa tips manajemen waktu yang efektif supaya kita tidak merasa keteteran ketika memiliki bnayak pekerjaan, seperti erikut ini:

1. Jangan membuang-buang waktu

Ini merupakan hal yang sering dilakukan oleh banyak orang. Dengan membuang-buang waktu untuk yang kurang penting.

Tidak sedikit juga ketika kita dalam keadaan terburu-buru, terkadang menunggu orang lain terlalu lama sehingga menghambat ke depannya.

Salah satu cara untk mengangani hal ini, bisa dilakukan dengan mengeset waktu lebih awal dengan memperkirakan waktu keterlambatan orang tersebut akan datang, sehingga kamu tidak akan menunggu terlalu lama.

BACA JUGA:Kamu Wajib Tahu, Inilah Waktu-Waktu Kerja Otak Kita Setiap Harinya

2. Sering perhatikan jam

Hal ini dilakukan akan kamu bisa berantisipasi terhadap waktu yang sempit dan terus berjalan agar kamu bersiap-siaga agar tidak bablas.

Dengan sering melihat jam juga, kamu akan merasakan waktu yang lebih lama ketika dijalani.

3. Hindari multitasking

Dengan mengerjakan tugas secara bersamaan, akan membuat kita sangat keteteran. Durasi waktu pengerjaan yang cenderung lebih lama sehingga kamu akan merasa sangat terburu-buru.

Dengan mengerjakan tugas secara bersamaan, hal ini akan membuat fokusmu terbagi dan akan membuatmu lebih cepat lelah.

Ketika kamu kelelahan, kamu akan merasa dengan banyak tugas yang berniat ingins ekaligus menyelesaikan tugas itu, justru tidak ada tugas yang benar-benar selesai dalam waktu yang sama.

4. Pilah-pilih kepentingan

Ini tentunya harus dilakukan, agar kamu bisa menentukan mana yang lebih penting dan urgen, dana mana yang sebaiknya tidak kamu ambil.

Jangan mengambil semua tugas dan cobalah untuk berkata tidak untuk tugas yagn sekiranya tidak terlalu penting bagimu dan sekitas.

Beberapa hal itu menjadi salah satu kunci agar manajemen waktu kita lebih teratur dan lebih efektif terlebih kita tidak akan merasa keteteran antara kegiatan satu dan lainnya.(*)

BACA JUGA:Perhatikan Tips Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: