Mau Sidang Skripsi Tapi Nggak Tahu Mau Jawab Apa? Lakukan Langkah Ini Guna Keberlangsungan Sidangmu

Mau Sidang Skripsi Tapi Nggak Tahu Mau Jawab Apa? Lakukan Langkah Ini Guna Keberlangsungan Sidangmu

Potret seorang mahasiswa yang sedang mengulas materi Sebelum sidang skripsi.-Pixabay/@Pouquoipas-

INFORADAR.ID – Penyusunan Skripsi tentunya memerlukan waktu yang cukup panjang, karena banyak alur yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa untuk mencapai akhir pengerjaan dan kamu sudah bisa melaksanakan sidang skripsi.

Sidang skripsi yang dinilai akan selalu terasa menebarkan karena kita akan berhadapan langsung dengan dosen penguji untuk memaparkan hasil penelitian skripsi yang dilakukan.

Banyak hal yang diamati oleh penguji sidang skripsi selain dari apa yang kita sampaikan dalam presentasi penelitian kita

Oleh sebab itu, perlu adanya persiapan khusus yang perlu dilakukan oleh mahasiswa akhir yang akan melakukan sidang agar lebih tenang dan relax.

Siimak 4 hal beriukut yang harus kamu lakukan sebelum melakukan sidang skripsi agar berjalan dengan lancar:

1. Minta doa dan ridho kepada orang tua

Meminta doa kepada orang-orang terdekat kita adalah salah satu hal yang paling berpengaruh akan kelancaran sidang kita, terkhusus dari orang tua.

Meminta ridho kedua orang tua sebagai orang yang paling berpengaruh terhadap kita selama menempuh pendidikan di bangku perkuliahan yang telah dilaluinya.

Sehingga ridho dan doa orang tua akan sangat menolong kita sebagai garda terdepan support sistem yang menemani kita.

BACA JUGA:Duh Jangan Sampai Terjadi, 7 Kesalahan Sepele yang Bisa Menyebabkan Nilai Sidang Skripsi Kamu Jelek

2. Datang minimal 1 jam sebelum sidang

Hal ini boleh diterapkan agar kita bisa menenangkan diri kita terlebih dahulu dan melihat tata-letak ruangan sidang untuk mengetahui gambaran nantinya.

Dengan datang lebih awal pula sebagai antisipasi agar kamu memiliki persiapan yang lebih panjang di tempat untuk terus meyakinkan diri kamu dan bisa terhindar dari kata telat dalam mengikuti sidang ini.

3.Mengulas dan mempelajari materi skripsi

Poin yang ketiga ini tentunya wajib banget dilakukan untuk mengingat ulang penjelasan dan pemaparan materi yang akan kamu nantinya.

Kamu bisa mengulas di sela-sela sebelum sidang di mulai agar nantinya kamu tidak lupa di tengah-tengah ketika kamu presentasi.

4. Berdoa sebelum mulai sidang

Salah satu kunci terpenting adalah selalu melafalkan untaian doa untuk diberi kelancaran dan kemudahan dan kelancaran untuk sidangmu.

Berdoa bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan saja. Hal ini pula yang bisa membantumu agar lebih tenang menghadapi sidang skripsimu nanti.

Nah, beberap ahal itu wajib kamu praktikkan agar sidang skripsi kamu bisa lebih memuaskan dan kamu akan merasa bangga dengan apa ayang telah kamu lakukan dengan baik.(*)

BACA JUGA:6 Tips Agar Skripsi Tidak Banyak Revisi dan Sidang Berjalan Mulus No Minus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: