Berhenti Sebelum Terjadi, Begini Tips Mengenali Produk dengan Kandungan Merkuri yang Berbeda Bagi Wajah

Berhenti Sebelum Terjadi, Begini Tips Mengenali Produk dengan Kandungan Merkuri yang Berbeda Bagi Wajah

Potret skincare yang aman bagi kesehatan wajah.-Pixabay/@saponifier-

INFORADAR.ID, - Guys, kita harus amat cermat dalam memilih produk kecantikan dan skin care yang kita gunakan dan terhindar dari merkuri.

Merkuri merupakan jenis logam berat berbahaya yang sebaiknya dijauhkan dari tubuh kita. Namun, tidak sedikit bahan kecantikan yang juga mengangung merkuri di dalamnya.

Sifat merkuri tergolong toksik, tahan urai dan dapat terakumulasi di dalam tubuh sehingga membahayakan tubuh kita

Dapat dilihat, bahwa merkuri ini berbentuk cair, berwarna perak dan hanya menguap pada suhu tinggi minimal 375 derajat Celsius.

Saat ini, penggunaan merkuri dalam produk kecantikan dan skin care sudah di larang dan masih diperbolehkan sebagai bahan riasan mata dan pembersih dengan kadar tidak lebih dari 0,0007% saja.

Beberapa hal yang dapat terjadi apabila kita sering menggunakan produk berbahan merkuri seperti, dermatitis, muncul ruam, kerusakan organ tubuh, merusak lapisan kulit, dan memicu gangguan saraf.

Merkuri yang terserap ke dalam kulit kita dapat menjadi pemicu kangker, terlebih pada kangker kulit.

BACA JUGA:Hindari 5 Hal Ini Agar Wajah Terbebas dari Jerawat

Perhatikan beberapa tipm agar kita telindungi dari produk yang berbahan merkuri:

1. Cek Nomor BPOM Produk

Mengecek nomor BPOM produk sangatlah penting dilakukan. Hal tersebut guna melihat izin produk bahwa produk yang kita gunakan aman digunakan.

Mengecek nomor BPOM ini dapat dilakukan melalui website resmi BPOM: https//cekbpom.pom.go.id/ Jika tidak tercantum, maka segeralah melapor.

2. Periksa Bahan Pada Label Kemasan

Produk yang mengandung merkuri ini bisa dilihat dalam bahan pembuatan produk yang biasanya tercantum di belakang label bertuliskan Mercurous Chloride, Calomel, Mercuria, atau Mercuri.

3. Lihat dan Perhatikan Tekstur Krim.

Krim yang menggunakan bahan merkuri dengan kadar yang tinggi biasanya terlihat berwarna abu-abu atau krem. Jika kamu ragu, konsultasikan terlebih dahulu produk tersebut kepada dokter agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jadi seperti itulah bahayanya merkuri untuk kulit kita. Kita harus lebih sigap dan teliti terhadap produk yang kita gunakan agar lebih aman untuk kesehatan diri kita.(*)

BACA JUGA:Jangan Salah Pakai, Inilah Jenis-jenis Masker Wajah dan Manfaatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: