Nelayan Lebak Selatan Diimbau Waspadai Gelombang Tinggi Hingga 6 Meter

Nelayan Lebak Selatan Diimbau Waspadai Gelombang Tinggi Hingga 6 Meter

Nelayan di wilayah Kabupaten Lebak bagian selatan agar mewaspadai gelombang tinggi.--

LEBAK, INFORADAR.ID - Nelayan di wilayah Kabupaten Lebak bagain selatan diimbau untuk mewaspadai gelombang tinggi hingga 6 meter yang bakal terjadi dalam beberapa hari ke depan. 

Gelombang tinggi di perairan wilayah Lebak bagian selatan antara lain Malingping, Binuangeun, dan Cihara. 

"Saya mengimbau kepada warga, pengelola wisata pantai untuk meningkatkan kewaspadaan, terlebih nelayan untuk waspada dan hati-hati saat melaut," kata Ketua Balawasita Kabupaten Lebak AM Erwin Komarsukma, Kamis, 6 Juli 2023.

Gelombang tinggi seperti saat ini, kata Erwin, sebaiknya tidak melaut sampai ke tengah  karena akan sangat berbahaya bagi keselamatan para nelayan.

"Meskipun memaksakan diri melaut. Tapi  tidak sampai ke tengah laut untuk menghindari ancaman gelombang tinggi," ujar mantan anggota DPRD Lebak ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama juga mengimbau kepada para nelayan dan warga di sekitar pesisir pantai Lebak selatan untuk mewaspadai pontensi ancaman gelombang tinggi dan angin kencang.

Badan Metreologi dan Geofisika (BMKG) Banten, kata dia, juga telah mengeluarkan peringatan dini potensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Lebak bagian utara dan timur 

"Ya, kami sudah ingatkan kepada nelayan untuk berhati - hati ancaman gelombang tinggi sampai 4 sampai 6 meter di perairan selatan Banten dan laut Samudera Hindia selatan Banten," kata Febby.

Dia mengatakan, pihaknya telah meminta petugas di setiap kecamatan di pesisir Lebak selatan untuk meng-update laporan cuaca dan laporan garis sepadan pantai.

Dia menyarankan, para nelayan agar melaut saat cuaca aman serta tidak lupa membawa perlengkapan keselamatan, seperti pelampung. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: