Segera Hadir Ubrug Urang Sadaya Padarincang, Ciptakan Ruang Kreatifitas Anak Muda Dan Tingkatkan Ekonomi Warga

Segera Hadir Ubrug Urang Sadaya Padarincang, Ciptakan Ruang Kreatifitas Anak Muda Dan Tingkatkan Ekonomi Warga

Komunitas: komunitas pemuda padarincang berfoto bersama setelah melakukan diskusi persiapan Ubrug Urang Sadaya.-Nurbaeti-

INFORADAR.ID – Festival Ubrug Urang Sadaya akan segera hadir di Padarincang pada Sabtu, 22 Juli 2023 mendatang.

Menghadirkan berbagai penampilan seni hingga deretan pedagang asongan, Ubrug Urang Sadaya Padarincang diharapkan dapat menciptakan ruang kreatifitas anak muda hingga meningkatkan perekonomian pedagang asongan.

Ubrug Urang Sadaya Padarincang merupakan sebuah festival rakyat yang digagas oleh sekelompok pemuda Kecamatan Padarincang.

Kata Ubrug memiliki arti sebagai teater tradisional yang berkembang di daerah Banten. Teater tradisional dari perpaduan unsur komedi, gerak, musik hingga sastra atau lakon. 

Berawal dari keresahan para pemuda Padarincang terhadap peningkatan ekonomi warga, komunitas Teras Angkringan menggaet komunitas Wirausaha Padarincang untuk mengadakan festival rakyat yang bertajuk Ubrug Urang Sadaya.

Selain itu, kegiatan Ubrug Urang Sadaya juga melibatkan berbagai komunitas dalam upaya menyukseskan kegiatan tersebut. Seperti komunitas Kembali yang mengacu pada kesenian lokal, Perpustakaan Jalanan (perpusjal) hingga Komunitas Kolektif Serang.

Festival Ubrug Urang Sadaya akan dilaksanakan selama satu hari pada Sabtu, 22 Juli 2023 mendatang di Pasar Lama Padarincang, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Banten.

Dalam festival Ubrug Urang Sadaya nantinya akan ada beragam kegiatan, mulai dari penampilan seni seperti teater, akustik, musik band, tari tradisional, pencak silat, puisi, pameran karya seni lukis/rupa, kosidahan dan lainnya.

Selain itu, terdapat gerakan literasi dan bazar yang menghadirkan deretan pedagang asongan.

Pada penampilan seni dalam festival Ubrug Urang Sadaya bersifat terbuka untuk umum. Hal ini karena pada festival Ubrug Urang Sadaya ingin memberikan ruang kepada pelaku seni untuk menunjukan kreatifitas masing-masing.

Untuk pelaku seni yang ingin berkontribusi pada festival Ubrug Urang Sadaya bisa langsung daftar melalui google form yang bisa didapatkan dengan mengunjungi laman akun instagram @ubrug_urang_sadaya. Pendaftaran tersebut tidak dipungut biaya.

Dengan mengadakan kegiatan yang menghadirkan penampilan seni lokal, diharapkan kesenian lokal bisa kembali populer dikalangan masyarakat.

Selain itu terdapat kegiatan literasi bersama. Pada festival Ubrug Urang Sadaya akan menyediakan berbagai macam buku yang bisa dibaca oleh masyarakat yang ikut memeriahkan festival Ubrug Urang Sadaya.

Tak ketinggalan, pada festival Ubrug Urang Sadaya terdapat bazar yang diisi oleh sederet pedagang asongan yang menjadi tujuan utama diadakannya festival Ubrug Urang Sadaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: