Asal Usul Warteg, Tempat Makan Legendaris Indonesia yang Mendunia

Asal Usul Warteg, Tempat Makan Legendaris Indonesia yang Mendunia

Momen lucu Waseda Boys, saat memesan makanan di warteg.-@Nihongo Mantappu-youtube.com

INFORADAR.ID - Banyak yang mencari asal usul Warteg atau Warung Tegal, tempat makan legendaris Indonesia yang telah mendunia hingga saat ini.

Hal tersebut dikarenakan masih banyak yang penasaran dengan asal usul warteg yang merupakan tempat makan dengan segala keunikannya.

Dengan mengetahui asal usul warteg sekiranya akan menambah pengetahuan tentang kekayaan budaya kuliner Indonesia yang memiliki keanekaragaman ciri khas kulinernya.

Lalu bagaimana sebenarnya asal usul warteg tersebut ya?

BACA JUGA: Gampang, Resep Sate Klathak Khas Jogja, Pas Buat Daging Kurban Idul Adha

Disusun dari berbagai sumber oleh INFORADAR.ID inilah sejarah mengenai asal usul warteg yang disebut sebagai salah satu ikon kuliner nusantara.

Warteg merupakan kependekan kata dari Warung Tegal. Pada dasarnya, ada berbagai informasi tentang sejarah atau asal usul warteg.

Namun, versi yang paling umum mengenai asal usul warteg adalah bahwa warteg ditemukan pada tahun 1950-an dan 1960-an. Pada saat itu, Presiden Soekarno memprakarsai pembangunan besar-besaran di ibu kota Jakarta.

Ketika pembangunan besar-besaran terjadi di Jakarta, seorang pria bernama Mbah Bergas muncul dan pertama kali menghasut orang-orang Tegal, terutama yang berasal dari desa Krandon, Sidapurna dan Sidokaton, untuk pergi ke Jakarta.

Fenomena migrasi ini segera dimanfaatkan oleh penduduk Tegal yang membawa istri dan anak-anak mereka dan menjual nasi ponggal yang murah untuk memberi makan para pekerja bangunan. Seiring berjalannya waktu, restoran warteg semakin populer.

Mereka mulai berjualan di pinggir jalan dan akhirnya mendirikan warung berukuran 3 x 3 meter di dekat lokasi proyek, menawarkan menu yang bervariasi dan digemari masyarakat Jakarta.

Seiring berjalannya waktu, fenomena ini berkembang hingga ke seluruh Indonesia. Populer di Indonesia dan disukai oleh banyak warga asing pula.

Sebagai contohnya adalah content creator Jerome Polin yang mengajak teman-temannya yang berasal dari Jepang untuk merasakan nikmatnya makanan warteg.

YouTuber yang berbasis konten Jepang tersebut mengenalkan warteg pada timnya, Waseda Boys, saat mereka berkunjung ke Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: