Mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik Untirta Luncurkan Majalah Anak Muda

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik Untirta Luncurkan Majalah Anak Muda

Majalah : kumpulan majalah hasil produksi mahasiswa ilmu komunikasi konsentrasi Jurnalistik semester empat Untirta-Nurbaeti-

INFORADAR.ID – Mahasiswa Ilmu Komunikasi konsentrasi Jurnalistik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) luncurkan majalah anak muda dengan beragam tema pada Senin 12 Juni 2023.

Sebanyak 38 mahasiswa yang terbagi menjadi delapan kelompok, memproduksi sebuah majalah dengan kreatifitasnya masing-masing.

Melewati proses selama satu bulan, mahasiswa Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik semester empat dengan serius memproduksi hasil karya jurnalistik.

Isi dari majalah yang dihasilkan cukup beragam, mulai dari hard news hingga soft news.

Dalam projek pembuatan majalah sebagai tugas akhir mata kuliah news writing dan Bahasa jurnalistik, mahasiswa dituntut untuk bisa menulis sebuah pemberitaan dengan angel yang menarik. Selain itu, mahasiswa juga harus bisa menyusun tata letak pemberitaan hingga proses editing majalah.

Tak hanya itu, dalam proses pembuatan berita, mahasiswa diberikan kesempatan untuk bisa melakukan kegiatan wawancara kepada narasumber untuk lebih menguatkan pemberitaan yang diangkat.

Pada projek pembuatan majalah, mahasiswa juga dikenalkan dengan tugas dari bagian-bagian tim produksi seperti pimpinan redaksi, redaktur pelaksana hingga layout.

Setelah melewati tahap penyusunan majalah hingga kemudian dicetak, setiap kelompok akan mempresentasikan hasil dari majalahnya.

Tema yang diangkat cukup beragam, mulai dari Kesehatan, edukasi, hingga lifestyle.

Dari beberapa tema yang diangkat, kebanyakan menyasarkan tulisannya kepada anak muda. Hal ini seperti yang dikatakan oleh pimpinan redaksi dari majalah Your Magazine Fitri Ratna, dengan majalah yang dibuatnya menargetkan mahasiswa ilmu komunikasi.

“Karena temanya Vintage Modern jadi kita menargetkan untuk mahasiswa ilmu komunikasi, isinya juga beragam, mulai dari tanggapan mahasiswa, tips and trik hingga prestasi mahasiswa ilmu komunikasi,” ujarnya kepada tim inforadar.id pada Senin 12 Juni 2023.

Selain itu, Fitri juga mengungkapkan kesannya dalam menikmati setiap proses pembuatan majalah.

“Seru banget, jadi beneran belajar redaksi itu kerjanya kaya gimana, perasaan dikejar-kejar deadlinenya juga kerasa banget,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Idi Dimyati selaku dosen pengampu mata kuliah tersebut juga mengapresiasi hasil kerja mahasiswa dalam memproduksi majalah. Ia menyampaikan jika projek majalah ini bisa memberikan pengalaman sekaligus praktek dari teori-teori yang telah dipelajari di kelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: