Bantu Amankan Pemudik di Perairan Banten, TNI AL Kerahkan 5 Kapal

Bantu Amankan Pemudik di Perairan Banten, TNI AL Kerahkan 5 Kapal

Para personil TNI AL sedang melakukan perawatan kapal. TNI AL membantu pengamanan pemudik di peraian Banten. Foto: Puspen TNI -----

INFORADAR.ID --- Guna mengamankan arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 di perairan Banten, TNI Angkatan Laut (AL), mengerahkan 5 (lima kapal), yaitu Kapal Angkatan Laut, tiga Patroli Keamanan Laut (Patkamla) dan satu unit Rigid Inflatable Boat (RIB). 

 

Hal ini dilakukan TNI AL, karena diketahui wilayah Banten menjadi titik yang cukup padat pada arus mudik Lebaran Idul Fitri setiap tahunnya. 

 

Sehingga faktor keselamatan dan keamanan para pemudik menjadi prioritas seluruh elemen maupun unsur-unsur pemerintah, termasuk TNI AL.

 

Hal itu dikatakan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin, di Pelabuhan Merak, Banten sebagaimana dilansir dari laman FB resmi Pusat Penerangan TNI, Kamis, 20 April 2023. 

 

"Selain itu, TNI AL juga menyiagakan tim penyelam untuk mengantisipasi kondisi darurat yang tidak diinginkan dalam proses penyeberangan dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni Lampung maupun sebaliknya," kata Kolonel Laut Dedi. 

 

Kata Kol Laut Dedi, seiring dengan Pelabuhan Merak yang sudah dipadati pemudik Lebaran Idul Fitri, personel TNI AL diterjunkan bukan saja untuk melaksanakan pengamanan, akan tetapi TNI AL juga bersinergi dengan institusi lainnya untuk melakukan pengecekan ke kapal-kapal penyeberangan, terkait kondisi maupun kesiapan alat-alat keselamatan serta mensosialisasikan kepada masyarakat bagaimana cara penggunaannya saat keadaan darurat. 

 

Dedi menambahkan, Pangkalan TNI AL Banten juga menyiagakan pos kesehatan bagi masyarakat pemudik yang membutuhkan bantuan kesehatan selama melaksanakan mudik lebaran di Pelabuhan Banten. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: