Dipulangkan dari Bangka-Belitung, 10 Nelayan yang Alami Musibah Kapal Tenggelam Tiba di Tangerang

Dipulangkan dari Bangka-Belitung, 10 Nelayan yang Alami Musibah Kapal Tenggelam Tiba di Tangerang

10 nelayan asal Pakuhaji yang terombang-ambing di laut lepas, kini sudah tiba di Bandara Soetta, Sabtu, 7 Januari 2023. -Mulyadi/Radar Banten-

TANGERANG, INFORADAR.ID --- Akhirnya 10 nelayan Tangerang, yang kapalnya mengalami musibah tenggelam di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, tiba dengan selamat di Bandara Udara Internasional Soekarno Hatta, Sabtu, 7 Januari 2023 sore. 

Ke 10 nelayan yang menaiki kapal Mekar Jaya A GT 15 tersebut mengalami musibah. Yakni kapalnya dihantam ombak besar dan tenggalam. Para nelayan tersebut kemudian berpegangan puing-puing kapal sebelum akhirnya melintas Kapal Bandar Bestari 05 tujuan Pelabuhan Pelindo, Tanjung Pandan, Belitung

Nelayan asal Pakuhaji, Kabupaten Tangerang itu kemudian ikut dibawa berlayar ke Pelabuhan Pelindo, Tanjungpandan, Belitung dan sampai di tujuan Kamis, 5 Januari 2023.

Kini ke 10 nelayan asal Pakuhaji tersebut sudah tiba di Bandara internasional Soekarno-Hatta usai dipulangkan melalui jalur udara.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) H Abudin mengatakan bahwa saat ini ke 10 nelayan asal Desa Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji sudah tiba di Bandara internasional Soekarno-Hatta untuk menuju rumahnya di Kecamatan Pakuhaji.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak terkait. Di antaranya PPN Tanjung pandan-Belitung, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Banten dan Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang," terangnya, Sabtu, 7 Januari 2023.

Menurutnya, mereka semua telah memfasilitasi pemulangan para nelayan tersebut. "Dan kami selaku HNSI, sekali lagi berterimakasih kepada semuanya yang telah membantu pemulangan 10 nelayan asal Pakuhaji tersebut," singkatnya.

Diberitakan sebelumnya, 10 nelayan yang selamat dalam musibah tenggelamnya Kapal Mekar Jaya A GT 15 di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Sabtu, 7 Januari 2023 hari ini bakal dipulangkan ke kampung halamannya di Desa Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang. 

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tangerang H. Abudin mengatakan, bahwa hari ini sekitar pukul 13.45 dari Belitung, ke 10 nelayan asal Pakuhaji tersebut akan pulang melalui jalur udara menggunakan maskapai Sriwijaya Air.

"Iya, mereka sudah dibelikan tiket pesawat untuk pulang oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten," kata H Abudin, Sabtu, 7 Januari 2023.

 

Abudin juga menambahkan, dirinya beserta Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten akan menjemputnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang nanti siang.

"Semoga kepulangan mereka dapat berjalan lancar, dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten yang telah memfasilitasi kepulangan ke 10 nelayan asal Pakuhaji tersebut," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Camat Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Banten, Asmawi sudah mengetahui adanya kabar 10 warganya yang berprofesi sebagai nelayan selamat dalam musibah tenggelamnya Kapal Mekar Jaya A GT 15 di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: