Dihantam Gelombang, Kapal Nelayan Banten Tenggelam, 10 Nelayan Diselamatkan ke Belitung

Dihantam Gelombang, Kapal Nelayan Banten Tenggelam, 10 Nelayan Diselamatkan ke Belitung

Ke 10 nelayan asal Tangerang, Banten yang kapalnya tenggelam berhasil diselamatkan ke Pelabuhan Pelindo Tanjungpandan, Belitung, Kamis, 5 Januari 2023.- --- Tangkapan layar Babelpos ----

TANJUNGPANDAN, INFORADAR.ID --- Sedikitnya 10 nelayan asal Kabupaten Tangerang, Banten berhasil diselamatkan ke Belitung menyusul kapal Mekar Jaya A GT 15 yang mereka tumpangi dihantam gelombang besar dan tenggelam di sekitar perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. 

Beruntung saat ke 10 nelayan dalam posisi berpegangan badan kapal yang nyaris tenggelam, melintas Kapal Bandar Bestari 05 yang hendak berlayar ke Tanjung Pandan, Belitung. 

Akhirnya ke 10 nelayan dapat dievakuasi dan diselamatkan, kemudian ikut dibawa berlayar ke Pelabuhan Pelindo, Tanjungpandan, Belitung.

Kamis, 5 Januari 2023 siang tadi, ke 10 nelayan sudah tiba di Pelabuhan Pelindo Tanjungpandan.

Ke 10 nelayan asal Tangerang, Banten yang selamat adalah Sarda, Yusup, Saifuddin, Nahrawi, Kardi, Daud, Raul, Supandi, Durmin dan Rohmat.

Sarda selaku Kapten Kapal mengatakan, saat itu dia bersama rekan berlayar untuk mencari ikan dari Pelabuhan Rawa Saban, Tangerang, Selasa, 3 Januari 2023.

"Waktu itu, kita memutuskan melaut karena kondisi cuaca cukup bagus," kata Sarda di Pelabuhan Pelindo Tanjungpandan.

Setelah di lokasi kejadian, Rabu, 4 Januari 2023 dini hari, tiba-tiba kondisi cuaca buruk, sehingga mesin kapal kemasukan air. Hal itu yang menyebabkan mesin kapal mati.

"Lalu kapal oleng. Setelah itu, para nelayan langsung meloncat. Dan berpegangan ke tiang kapal," ungkap Sarda.

 

Sekitar pukul 10. 00 WIB, datang kapal bermuatan barang melintas. Melihat para nelayan terombang ambing di laut, akhirnya kru Kapal itu menolong mereka dan membawanya ke Tanjungpandan.

Setiba di Pelabuhan Pelindo Tanjungpandan, rombongan nelayan tersebut langsung dievakuasi oleh sejumlah instansi. Seperti Polres Belitung, TNI AL dan KSOP Kelas IV Tanjungpandan.

Berita ini tayang di babelpos.id dengan judul: Kapal Karam, 10 Nelayan Banten Diselamatkan ke Belitung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: