BRIN Beda dengan BMKG soal Prediksi Adanya Badai Dahsyat di Jabotabek, Termasuk Banten

BRIN Beda dengan BMKG soal Prediksi Adanya Badai Dahsyat di Jabotabek, Termasuk Banten

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.-Istimewa-

JAKARTA, INFORADAR.ID --- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berbeda pendapat dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), terkait prediksi BRIN bahwa akan terjadi sebuah badai dasyat yang akan melanda wilayah Jabodetabek khususnya Banten pada Rabu 28 Desember 2022 besok.

BMKG memiliki pernyataan yang berbeda dari peneliti BRIN tentang badai itu. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan, terminologi badai itu merulakan siklon tropis, jadi pusaran angin yang kencang yang juga mengakibatkan hujan ekstrem.

"Dan badai itu dideteksi akan terjadi tadi di wilayah sebelah utara Papua, dan juga sedang berproses, tapi kemungkinan terjadi katanya rendah di wilayah selatan barat Indonesia, itu dimaksud badai sesungguhnya," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat jumpa pers seperti dilihat di YouTube BMKG, Selasa 27 Desember 2022.

Kata Dwikorita, pihaknya memprediksi bahwa bukan badai yang terjadi di wilayah Jabodetabek, melainkan hujan ekstrem yang diprediksi akan terjadi pada 30 Desember 2022.

"Hujan ekstrem nggak harus berupa badai, dan hujan ekstrem diprediksi sejak 21 Desember dan semakin meningkat pada tanggal 29 Desember. jadi itu hujan lebat, bukan pusaran, istilah badai kan pusaran, pusaran angin dan disertai hujan lebat," katanya.

Menurutnya, cuaca besok hari di wilayah Jabodetabek masih dalam kategori aman, hanya akan terjadi intensitas hujan ringan hingga lebat saja. Pihaknya sendiri dalam menangani cuaca ekstrem ini tengah bekerjasama dengan BRIN dalam hal memodifikasi cuaca.

"Saat ini kita sedang bekerjasama dengan BRIN untuk menerapkan teknologi modifikasi cuaca yang mendorong agar hujan lebat tidak terjadi di daratan melainkan tejadi di lautan lepas," jelasnya.

Walaupun begitu, pihaknya mengimbau kepada warga untuk mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi yang ditimbulkan oleh hujan ekstrem yang akan terjadi mulai pada 29 hingga 30 Desember 2022 nanti. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: