Serang, Lebak dan Pandeglang sampai Akhir Tahun Hujan, Waspadai Banjir dan Longsor

Serang, Lebak dan Pandeglang sampai Akhir Tahun Hujan, Waspadai Banjir dan Longsor

Kondisi cuaca di wilayah Banten. -BMKG -

TANGERANG, INFORADAR.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca di sejumlah wilayah di Provinsi Banten  hingga akhir tahun ini.

Hujan dengan intensitas tinggi ini diperkirakan melanda Kabupaten Serang, Pandeglang dan Lebak. Untuk ketiga wilayah ini diminta waspada terhadap banjir dan longsor. 

"Berdasarkan monitoring, analisis dan prediksi curah hujan, terdapat indikasi hujan tinggi dari tanggal 21 Desember sampai 31 Desember 2022," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang Tarjono, Minggu, 25 Desember 2022. 

Tarjono merinci, untuk wilayah Kabupaten Serang, curah hujan tinggi terjadi di Kecamatan Baros, Gunungsari dan Pabuaran. Sementara wilayah Kabupaten Pandeglang meliputi Kecamatan Koroncong. 

Kemudian untuk wilayah Kabupaten Lebak meliputi Kecamatan Cipanas, Sajira dan Warung Gunung.

Tarjono mengatakan, selain waspada, terdapat daerah dengan kategori siaga, diantaranya Kabupaten Serang di Kecamatan Anyer, Cinangka, Ciomas dan Mancak. 

Untuk Kabupaten Pandeglang di Kecamatan Banjar, Cadasari, Kaduhejo, Karang Tanjung, Majasari, Mekar Jaya, Pagelaran, Pandeglang dan Picung. 

Sementara wilayah Kabupaten Lebak terdapat di Kecamatan Bojong Manik, Cikulur, Cileles, Cilograng, Cimarga, Cirinten, Gunung Kencana, Lebak Gedong, Leuwidamar, Muncang dan Sobang. 

Untuk kategori awas, wilayah Kabupaten Serang ada di Kecamatan Padarincang, sementara Kabupaten Pandeglang di Kecamatan Angsana, Bojong, Carita, Cibiung, Cibitung, Cigeulis, Cikedal, Cikeusik, Cimanggu, Cimanuk, Cipeucang, Cisata, Jiput, Labuhan, Mandalawangi, Menes, Munjul, Panimbang, Patia, Pulosari, Saketi, Sobang, Sukaresmi, Sumur. 

Untuk Kabupaten Lebak terdapat di Kecamatan Banjarsari, Bayah, Cibeber, Cigemblong, Cihara, Cijaku, Malingping, Panggarangan, Wanasalam. 

"Pada kondisi demikian untuk dapat diantisipasi terjadinya ancaman banjir disertai longsor. Namun, masyarakat diminta tenang dan jangan panik," tandasnya. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: