Diabadikan dalam Al Quran, Disukai Oleh Nabi SAW, Inilah 5 Manfaat Labu Kuning

Diabadikan dalam Al Quran, Disukai Oleh Nabi SAW, Inilah 5 Manfaat Labu Kuning

---Snap---

INFORADAR.ID --- Labu kuning merupakan sayuran yang mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh. Secangkir labu dapat memenuhi vitamin A lebih dari 100% dan vitamin C sebesar 20%. 

Labu juga mengandung vitamin E, riboflavin, potasium, tembafa dan mangan 10% dan thiamin, B6, folat, asam pantotenat, niasin, besi, mafnesiym dan fosfor sebanyak 5%.

Pohon labu disebutkan dalam Al Quran sebagai firman-Nya yang berarti:

"Dan Kami tumbuhkan untuknya sebatang pohon labu.: (Quran surah Al Ash Shaaffaat, ayat 146).

Labu adalah salah satu buah favorit Nabi Muhammad SAW.Jika labu di piring, maka Nabi SAW akan mengambilnya, daripada makanan yang lain.

Kandungan Nutrisi di Dalam Labu Kuning

Setiap 100 gram labu kuning hanya mengandung sekitar 25 kalori. Labu kuning mengandung banyak karbohidrat dan serat. Selain itu, labu kuning jug amengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, mangan, dan seng.

Dikutip dari laman pemkomedan.go.id, berikut manfaat labu kuning bagi kesehatan diantaranya : 

1. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengkonsumsi labu kuning dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Labu kuning sendiri sama sekali tidak mengandung kolesterol dan jutru mengandung fitosterol yang telah dikenal untuk menurunkan kadar kolesterol LDL (hingga sekitar 75%) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (hingga 15%). Fitosterol menghambat penyerapan kolesterol di dalam tubuh dan membuatnya langsung dikeluarkan dari dalam tubuh.

2. Membantu Penderita Diabetes

Labu kuning memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga dapat menjadi salah satu menu makanan penderita diabetes. Labu kuning dapat membantu produksi insulin dan membantu proses penyembuhan jaringan pankreas. Omega 3 yang terdapat pada biji labu juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3. Mencegah Kanker

Labu kuning mengandung banyak antioksidan, terutama karotenoid. Berbagai antioksidan ini dapat membantu menghambat metabolisme sel-sel kanker. Mengkonsumsi labu kuning dapat membantu mencegah terjadinya kanker payudara, kanker leher rahim, kanker paru, kanker usus besar, dan kanker kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: