Tim IGA Kemendagri 2022 Kagum dengan Kampung Pekijing-Kota Serang

Tim IGA Kemendagri 2022 Kagum dengan Kampung Pekijing-Kota Serang

Tim IGA Kemendagri meninjau Kampung Pekijing, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Kamis, 1 Desember 2022. Foto: Qodrat/Radar Banten/Inforadar.id -----

SERANG, INFORADAR.ID --- Tim Verifikasi Inovation Government Award (IGA) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tahun 2022, kagum dengan Kampung Pekijing, Kecamatan Taktakan, Kota Serang

"Saya ini sudah 40 tahun menjadi abdi pemerintah. Sudah keliling Indonesia. Tapi baru di Kampung Pekijing ini saya melihat inovasi yang luar biasa. Di kanan kiri jalan sejak pintu masuk kampung tadi, saya melihat rak-rak buku," kata Koordinator Tim Validasi, Kemendagri Ahmad Dimyati saat berkunjung ke Kampung Pekijing, Kamis, 1 Desember 2022. 

Dimyati kemudian meminta 3 ibu rumah tangga di Kampung Pekijing untuk naik ke atas panggung.

Ketiga ibu ini kemudian ditanya bergiliran terkait pengadaan buku, siapa saja yang membaca, apa manfaatnya. "Ada nggak efeknya bagi prestasi anak-anak di Kampung Pekijing?" tanya Dimyati yang merupakan dosen Universitas Indonesia ini.


Koordinator Tim IGA Kemendagri Ahmad Dimyati kagum dengan kotak-kotak buku di sepanjang jalan Kampung Pekijing. Foto: Qodrat/Radar Banten/Inforadar.id -----

Seorang ibu kemudian menunjuk bahwa berkat keberadaan buku, anaknya dapat mendapat ranking bagus di sekolahnya.

Dimyati semakin kagum. 

Lantas ia bertanya lagi, apa dampaknya bagi Kampung Pekijing mendapat Juara Lomba Kampung Resik lan Aman (LKRA) Kota Serang. 

"Dampaknya kalo sebelum jadi juara, kita ditanya orang, kita jawab dari Pekijing, orang yang nanya balik tanya, dimana Pekijing itu. Tapi, sesudah Pekijing dari juara LKRA, kemudian ada yang nanya dari mana dan kita bilang dari Pekijing, orang itu langsung bilang, oooo Pekijing yang juara Kampung Resik itu ya?" jawab salah satu ibu rumah tangga. 

KOTA INOVATIF

Kunjungan Tim Verifikasi dilakukan di dua titik lokasi Kecamatan Taktakan, pertama tim berkunjung ke Kelurahan Kuranji untuk penerapan Inovasi Peka Padjak dan di Pekijing, Kelurahan Karang Anyar, Inovasi Lomba Resik Lan Aman (LRLA).

Diketahui, dalam IGA Tahun 2022, Pemkot Serang masuk nominator 12 Pemerintah Daerah Kota Inovatif. Setelah tahapan persentasi pekan lalu. Dari 72 Inovasi menetapkan LRLA dan Peka Padjak sebagai Inovasi unggulan.

Hadir mendampingi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Serang M Ridwan, Kepala DP3AKB Anthon Gunawan, Kepala Bapenda, Kabid PUG DP3AKB Mamah Rochmah, Camat Taktakan dan sejumlah pejabat dari DP3AKB, serta lainnya ikut hadir dalam kesempatan tersebut.

Koordinator Tim Validasi, Kemendagri Ahmad Dimyati mengatakan, kehadiran validasi lapangan atas apa yang dipersentasikan Walikota Serang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: