Mengenal Asma dan Cara Mengobatinya

Mengenal Asma dan Cara Mengobatinya

Grafis: Direktorat P2PTM Kemenkes RI -----

- Kecapaian, kelelahan

- Psikologis/stres

- Sakit flu

- Makanan/minuman tertentu : ikan laut, udang, kedelai, telur, susu, minuman bersoda.

- Obat-obatan tertentu : aspirin, antibiotik, steroid

PENGOBATAN 

Dikutip dari laman Dinkes DKI Jaya yang mengutip dari laman P2PTM Kementerian Kesehatan, pengobatan ditujukan untuk meredakan gejala asma, mengurangi penyempitan pada saluran pernafasan (dapat jangka pendek pada serangan akut atau jangka panjang), mengupayakan aktivitas normal termasuk melakukan olahraga secara teratur dan mencegah kambuhnya atau timbulnya serangan asma  . Oleh karena itu metode pengobatan Asma harus disesuaikan dengan kondisi pasien tersebut.

Ada baiknya, pengidap asma wajib mengetahui faktor pencetus kambuhnya Asma pada diri sendiri sehingga dapat menghindarinya. Selain itu, sebaiknya pengidap asma juga dapat menjalani vaksinasi influenza dan pneumonia secara teratur. Pentingnya menjaga Kesehatan untuk mencegah kekambuhan asma. Bila mengalami gejala atau serangan asma, sebaiknya segera ke Puskesmas terdekat, dan bila memerlukan rujukan, maka dokter akan memberikan rujukan sesuai alur rujukan. 

Penatalaksanaan penyakit asma sesuai penatalaksanaan yang ada dalam  Program Penatalaksanaan Asma Direktorat P2PTM Kementerian Kesehatan. Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) melayani penatalaksanaan asma sesuai standar, bila pasien memerlukan rujukan, dapat dirujuk ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) sesuai alur rujukan berjenjang.

 

Editor: M Widodo

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: