BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem, Termasuk Sebagian Wilayah Banten Sepekan ke Depan

BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem, Termasuk Sebagian Wilayah Banten Sepekan ke Depan

Foto/Logo: --- Laman Setkab.go.id -----

 

JAKARTA, INFORADAR.ID --- Masyarakat diminta untuk waspada dalam sepekan ke depan menyusul adanya potensi cuaca ekstrem yang diperkirakan akan berlangsung pada 9 -- 15 Oktober. 

Sementara itu, untuk periode 8 hingga 10 Oktober, berdasarkan prakiraan berbasis dampak, wilayah berpotensi terdampak hujan lebat dengan kategori siaga perlu diwaspadai untuk 8 provinsi, termasuk di sebagian wilayah Banten. 

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan.

“Berdasarkan analisis terkini bahwa kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan,” ujar Kepala BMKG dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu, 8 Oktober 2022 sebagaimana inforadar.id dari laman Setkab.go.id.

Lebih lanjut Dwikorita menyampaikan, untuk periode 9 hingga 15 Oktober mendatang BMKG memprediksi potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di 34 provinsi kecuali Sumatra Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, untuk periode 8 hingga 10 Oktober, berdasarkan prakiraan berbasis dampak, wilayah berpotensi terdampak hujan lebat dengan kategori siaga perlu diwaspadai di wilayah berikut:

1. sebagian wilayah Aceh,

2. sebagian wilayah Banten,

3. sebagian wilayah DKI Jakarta,

4. sebagian wilayah Jawa Barat,

5. sebagian wilayah Jawa Tengah,

6. sebagian wilayah Jawa Timur,

7. sebagian wilayah Kalimantan Barat, dan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: