Wukuf di Arafah, Jemaah Haji Asal Kota Serang Sehat Walafiat

Wukuf di Arafah, Jemaah Haji Asal Kota Serang Sehat Walafiat

Jemaah haji asal Kota Serang saat wukuf .-Facebook @Kemenag Kota Serang -


MAKKAH, INFORADAR.ID -  Jemaah haji asal Kota Serang sebanyak 377 orang melakukan wukuf di Arafah, Jumat, 8 Juli 2022.

Wukuf sebagai salah satu rukun haji dimulai pukul 12.25 Waktu Arab Saudi (WAS) diisi dengan khutbah Arafah, salat Dzuhur dan Ashar jamak qashar,  zikir, wirid, membaca Al Qur'an, dan doa Arafah, serta melakukan muhasabah.

Dikutip dari akun Facebook Kemenag Kota Serang, Jumat 8 Juni 2022, Tim Pembimbing Ibadah Haji (TPIHI) Kloter 22 JKG asal Kota Serang Roby Syahri bertindak sebagai pengisi  khutbah Arafah.

Dalam ceramah, Roby menyampaikan pesan kepada  seluruh jemaah haji Kota Serang untuk selalu bersyukur kepada Allah atas nikmat bisa melaksanakan ibadah haji tahun ini.

Roby juga mengajak kepada jemaah haji untuk menjadikan wukuf sebagai sarana mengenal diri bahwa kita berasal dari Allah dan akan kembali kepada Allah. "Dan nanti di hari kiamat kita akan dikumpulkan di Padang Mahsyar-nya Allah seperti saat kita wukuf ini," kata Roby.



"Alhamdulillah seluruh jemaah haji Kota Serang sehat walafiat dan bisa mengikuti wukuf semua,"  sambung  kepala Kantor Urusan Agama (KUA) ini.

Setelah selesai wukuf, seluruh jemaah haji akan menuju Mudzalifah mengambil batu (kerikil). Kemudianmenuju Mina untuk  melontar jumrah serta ritual manasik haji selanjutnya Thawaf Ifadah.

Semoga seluruh jemaah haji Kota Serang meraih haji yang mabrur.


Kloter 12 JKG Asal Tangsel Telah Berada di Arafah

Untuk jemaah haji asal Kota Tangerang Selatan yang tergabung dalam Kloter 12 JKG, sebagaimana dikutip dari akun Facebook Kemenag Tangsel, berangkat dari hotel Al-Luluah menuju Arafah pada Kamis, 7 Juli 2022, pukul 13.30 WAS dan tiba di Arafah pada pukul 14.30 WAS.

Ketua Kloter 12 JKG Tepuri Ali menjelaskan, dari jumlah 393 jemaah, yang masuk kategori risiko tinggi sebanyak  30 orang, sakit 3 orang, kursi roda 6 orang, dan yang safari wukuf 2 orang atas nama Isnaidar dan Linda Lia.

Tepuri melaporkan, di Arafah jemaah haji Kloter 12 JKG menempati dua tenda besar. Tenda pertama ditempati rombongan 1-6, dan tenda kedua ditempati rombongan 7-9, dan bergabung dengan kloter dari Lampung.

Berdasarkan rencana perjalanan yang telah dibuat, jemaah haji Maktab 17 akan berangkat menuju Muzdalifah pada Jumat, 8 Juli 2022,  bakda Maghrib. Kloter 12 JKG berangkat yang pertama.

"Sedangkan dari Muzdhalifah ke  Mina, Maktab 17 menjadwalkan berangkat pukul 00.30 WAS, dan Kloter 12 JKG juga rombongan awal yang berangkat," jelas Tepuri.

Di Mina, sambungnya, Kloter 12 JKG juga menempati dua tenda. Pembagiannya sama seperti tenda saat di Arafah.

"Kami juga sudah mendata jemaah yang mengambil nafar awal dan nafar tsani. Untuk nafar awal ada 364 orang dan yang nafar tsani ada 27 orang," ungkapnya.

Atas nama jetua dan para petugas Kloter 12 JKG, Tepuri mohon maaf lahir dan batin. Ia mohon doa dari masyarakat Indonesia semoga semua berjalan lancar, dimudahkan, dan seluruh jemaah haji dalam keadaan sehat walafiat. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: