Musim Pancaroba Rentan Kena Flu, Untuk Menangkalnya Cukup Makan Buah Ini

Musim Pancaroba Rentan Kena Flu, Untuk Menangkalnya Cukup Makan Buah Ini

JAKARTA, INFORADAR.ID - Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh merupakan hal yang sangat penting agar tidak mudah terserang penyakit. Apalagi di saat kondisi cuaca pancaroba Yang selalu berubah-ubah setiap waktunya sehingga menyebabkan kondisi imun tubuh menurun. Jenis penyakit yang sering menyerang tubuh manusia saat cuaca pancaroba yaitu penyakit flu

Serangan penyakit flu ini sebetulnya dapat ditangkal dengan menambah asupan buah-buahan dalam makanan sehari-hari. 

Peneliti di Rutgers University Amy Howell mengatakan, saat kondisi cuaca buruk mengonsumsi berbagai jenis buah dapat membantu meningkatkan imun tubuh sehingga mampu melawan virus dan bakteri yang menyerang. 

"Buah mengandung vitamin yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh. Sehingga tubuh tak lekas rentan demam dan flu," katanya, dikutip INFORADAR.ID, dari situs resmi Kementerian Kesehatan, Kamis (9/6).

Selain itu, mengonsumsi buah-buahan dapat menurunkan resiko terserang penyakit jantung dan kanker. 

Ada 7 jenis buah yang dinilai dapat meningkatkan imun tubuh dan menangkal serangan penyakit flu,  diantaranya :

1. Pepaya

Buah pepaya memiliki kandungan 250 persen RDA dari vitamin C yang terdapat dalam buah pepaya ternyata dapat menjaga tubuh dari demam. Kandungan beta-karoten, vitamin C dan juga vitamin E dalam pepaya juga dapat mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh dan mengurangi timbulnya asma.

2. Jeruk

Buah jeruk yang banyak ditemukan di pasar ternyata selain kaya akan vitamin C, tapi juga berguna sebagai anti-oksidan bagi tubuh. Jeruk juga termasuk jenis buah yang rendah kalori, karenanya baik dikonsumsi bagi mereka yang mengalami obesitas.

3. Pisang

Buah Pisang menjadi salah satu sumber vitamin B6 tertinggi jika dibandingkan buah-buahan lainnya. Pisang juga bisa mengurangi rasa letih, depresi, stres, dan insomnia. Kandungan magnesiumnya yang tinggi juga membantu membuat tulang menjadi lebih kuat. Sedangkan potasium yang terkandung pada pisang dapat membantu mencegah serangan jantung dan tekanan darah tinggi. 

4. Jeruk Bali

Buah jeruk bali sarat akan vitamin C, selain itu juga mengandung senyawa alami yang disebut limonoid yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Telebih jenis jeruk bali merah adalah sumber yang sangat potensial untuk melawan kanker karena kandungan lycopen-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: