Benarkah Jika Balita Konsumsi Teh Dapat Sebabkan Anemia? Ini Penjelasan Dokter Spesialis Anak

Jumat 18-10-2024,13:39 WIB
Reporter : Erna Ayunda Rahmawati
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Banyak orang tua yang ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anak mereka, termasuk dalam memilih makanan dan minuman yang sehat. 

Namun, ada beberapa mitos dan kekhawatiran yang beredar jika balita konsumsi teh dapat sebabkan anemia.

Salah satu pertanyaan yang sering muncul apakah benar jika balita konsumsi teh dapat menyebabkan anemia?

BACA JUGA:Teh, Minuman Paling Populer di Dunia Setelah Air, Cek Jumlah Konsumsi Teh di Seluruh Dunia Ini

Dalam artikel ini, Inforadar.id akan mengulas penjelasan dari dokter spesialis anak mengenai konsumsi teh pada balita dan hubungan antara teh dengan risiko anemia. 

Awalnya Imbauan ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Anak, dr Jati Kusuma, yang menjelaskan bahwa konsumsi teh pada anak dapat menghambat penyerapan zat besi, sehingga berisiko memicu anemia.

"Mohon tidak memberikan teh kepada anak balita, karena teh dapat menghambat penyerapan zat besi yang dapat memicu anemia," tulis Jati Kusuma dalam resep dokter yang dikutip dari akun TikTok @dr.jatikusuma.spa.

BACA JUGA:Suka Minum Teh Tawar? Ternyata Banyak Manfaatnya Loh, Yuk Cari Tau di Sini

Video yang diunggah oleh Jati Kusuma kemudian menjadi viral, dengan dibagikan sebanyak 13,8 ribu kali di media sosial TikTok. 

Dalam video tersebut, dr Jati Kusuma menjelaskan betapa pentingnya zat besi bagi perkembangan otak dan peningkatan kekebalan tubuh anak.

"Zat besi berfungsi untuk membantu perkembangan otak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjadi sumber energi untuk otot dan keterampilan motorik, serta mencegah stunting," tulis Jati Kusuma dalam video tersebut.

Alasan Konsumsi Teh Tidak Baik untuk Balita


Teh Celup--freepik/ azerbaijan_stockers

Mengenai larangan pemberian teh pada anak, Jati Kusuma menceritakan pengalamannya saat mengunjungi pasien anak di rumah sakit. 

BACA JUGA:Jangan Langsung Dibuah, Teh Celup Bekas Tenyata Punya Manfaat Tak Terduga Loh

Kategori :