10 Tips Ampuh agar HP Tahan Lama dan Awet Bertahun-Tahun

Selasa 01-10-2024,13:48 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

5. Batasi Penggunaan Aplikasi Berat

Jangan terlalu sering menggunakan aplikasi berat yang memerlukan banyak sumber daya, terutama pada HP dengan spesifikasi menengah. HP juga butuh "istirahat". Penggunaan aplikasi berat secara terus-menerus dapat memperpendek umur perangkat keras.

BACA JUGA:Hindari 7 Kesalahan Ini Agar HP Tidak Cepat Lemot

BACA JUGA:Terungkap! Nomor HP Fufufafa Tercatat Dalam Berkas Pilkada Gibran Rakabuming


Potret HP yang awet dan tahan lama.-@jual_hp_bekas_murah-

6. Gunakan Charger Original

Menggunakan charger original sangat penting untuk menjaga keamanan dan daya tahan HP. Charger original sudah teruji dan dibuat khusus untuk HP tersebut. Charger KW atau palsu dapat merusak baterai karena komponen di dalamnya tidak selalu sesuai dengan standar keamanan.

7. Jangan Charge Sambil Tidur

Mengisi daya sambil tidur bisa menyebabkan overcharge dan overheat. Meski beberapa ponsel terbaru sudah dilengkapi fitur otomatis menghentikan pengisian saat baterai penuh, risiko panas berlebih masih ada. Lebih baik isi daya pada saat kamu bisa memantau proses pengisian.

8. Hindari Menggunakan HP saat Mengisi Daya

Menggunakan HP saat sedang diisi daya dapat meningkatkan suhu ponsel dan menghambat proses pengisian. Selain membuat HP jadi panas, pengisian daya juga akan menjadi lebih lambat. Untuk menjaga komponen tetap aman, sebaiknya biarkan ponsel beristirahat saat mengisi daya.

9. Gunakan Case Pelindung

Case pelindung membantu melindungi HP dari benturan dan jatuh yang tak disengaja. Pilih case yang bisa menyerap benturan dengan baik untuk meminimalkan risiko kerusakan, terutama pada bagian layar dan komponen internal.

10. Pasang Antigores

Selain menggunakan case, pasanglah antigores untuk melindungi layar HP dari goresan. Layar adalah salah satu komponen yang paling rentan, dan antigores dapat memberikan perlindungan tambahan agar layar tetap mulus dan bebas dari goresan.

Itulah beberapa tips agar hp tetap awet selama bertahun-tahun. Jadi, mari luangkan waktu untuk melakukan perawatan sederhana ini agar HP kamu bisa bertahan bertahun-tahun tanpa masalah.

BACA JUGA:Cara Pindahkan Riwayat Chat WhatsApp dari HP Lama ke Baru, Gampang dan Tanpa Bantuan Google Drive

Kategori :