10 Tips Ampuh agar HP Tahan Lama dan Awet Bertahun-Tahun

Selasa 01-10-2024,13:48 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Siapa yang tidak ingin smartphone-nya awet dan tetap berfungsi optimal selama bertahun-tahun? Di era digital ini, ponsel pintar sudah menjadi kebutuhan pokok yang mendukung berbagai aspek kehidupan, mulai dari komunikasi hingga pekerjaan.

Namun, sering kali tanpa disadari, kebiasaan buruk kita dalam menggunakan HP justru memperpendek umur perangkat tersebut. Agar HP kamu tetap awet dan tidak cepat rusak, diperlukan beberapa langkah perawatan khusus yang bisa kamu terapkan.

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi umur HP, mulai dari cara pengisian daya, penggunaan aplikasi, hingga bagaimana kamu menjaga kondisi fisik perangkat. Setiap komponen HP, seperti baterai, penyimpanan, dan layar, memiliki batas ketahanan yang dapat diperpanjang dengan perawatan yang benar.

Terkadang, hal-hal sederhana seperti menggunakan charger yang tepat atau menjaga suhu HP bisa membuat perbedaan besar dalam memperpanjang usia perangkat.

Berikut 10 tips ampuh agar HP kamu bisa awet yang telat dilansir dari akun @alfazzahn, Mulai dari cara merawat baterai hingga menjaga kebersihan perangkat, tips-tips ini bisa kamu terapkan dengan mudah untuk melindungi investasi yang sudah kamu keluarkan untuk smartphone kesayanganmu. 

BACA JUGA:Perhatikan Ini 10 Cara Jitu Merawat HP Agar Awet dan Tahan Lama

BACA JUGA:Cara Menemukan Jurusan yang Tepat untuk Sang Buah Hati, Lihat Potensi Akademiknya!


Potret HP yang awet dan tahan lama.-@jual_hp_bekas_murah-

1. Perhatikan Kapasitas Penyimpanan

Penyimpanan yang penuh dapat memperlambat performa HP dan bahkan menyebabkan crash. Untuk menjaga performa tetap lancar, jangan biarkan penyimpanan tersisa hanya 1-3 GB saja. Sebaiknya, jika kapasitas tersisa sudah di angka 4 GB, segera hapus file yang tidak diperlukan atau pindahkan ke media penyimpanan yang lebih besar, seperti hard disk eksternal atau cloud storage.

2. Jangan Biarkan Baterai Lowbat di Bawah 20%

Baterai HP akan lebih awet jika tidak sering dibiarkan dalam kondisi sangat lemah. Hindari penggunaan hingga daya turun di bawah 20%. Lebih baik segera isi daya sebelum baterai habis untuk menjaga umur panjang baterai.

3. Jaga Suhu HP

Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat merusak komponen internal HP. Jangan biarkan HP overheat, terutama saat menggunakan aplikasi berat atau saat cuaca panas. Sebaliknya, hindari juga paparan suhu yang sangat dingin karena dapat berdampak buruk pada baterai.

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Aplikasi yang jarang digunakan hanya membebani memori dan menguras baterai. Pastikan untuk rutin menghapus aplikasi yang tidak lagi kamu pakai. Dengan begitu, kapasitas penyimpanan akan lebih lega dan HP pun tidak cepat lag.

Kategori :