Rahasia Golongan Darah Tentang Kamu, Golongan Darah Ini Lebih Berisiko Terkena Serangan Jantung

Senin 23-09-2024,11:14 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

2. Tipe O: Risiko pembekuan darah lebih rendah


Ilustrasi-Freepik.com-Freepik

Golongan darah O memiliki jumlah protein yang lebih sedikit yang membantu pembekuan darah, mereka juga lebih kecil kemungkinannya untuk menderita pembekuan darah.

BACA JUGA:5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Kopi Tanpa Gula

BACA JUGA:Mengejutkan! Ternyata Stres Punya Banyak Manfaat Bagi Tubuh, Cek Lengkapnya di Sini

Kelemahannya adalah pembekuan darah membantu mencegah pendarahan berlebihan. Meskipun demikian, ada banyak hal yang menyebabkan pembekuan darah.

3. Tipe O: Masalah kesuburan

Golongan darah O mungkin merupakan golongan darah yang paling umum dan golongan darah ini dapat mengganggu kehamilan.

Seperti yang dicatat dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Human Reproduction, golongan darah O dua kali lebih mungkin memiliki kadar hormon perangsang folikel (FSH). Kadarnya cukup tinggi untuk menunjukkan cadangan ovarium yang rendah lebih sedikit sel telur untuk pembuahan.

4. Tipe non-O: Risiko kanker lambung meningkat

Menurut studi BMC Medicine yang mengaitkan golongan darah tertentu dengan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Golongan darah non-O (A, B, atau AB) juga memiliki risiko kanker lambung yang lebih tinggi, mungkin karena respons peradangan terhadap bakteri H. pylori.

5. Tipe non-O: Trombosis vena dalam

Karena perbedaan pembekuan, golongan darah A/B lebih mungkin menderita tromboemboli vena gumpalan darah yang terbentuk di vena dalam kaki, pangkal paha, atau lengan (trombosis vena dalam, atau DVT), dan dapat memutus aliran darah ke paru-paru (emboli paru) dibandingkan dengan golongan darah O, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Blood Transfusion.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa golongan darah non-O dengan trombofilia bawaan, suatu kondisi di mana darah membeku secara tidak normal, meningkatkan risikonya tiga kali lipat.

6. Tipe AB: Kehilangan memori

Kategori :