Rahasia Golongan Darah Tentang Kamu, Golongan Darah Ini Lebih Berisiko Terkena Serangan Jantung

Senin 23-09-2024,11:14 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID- Hati-hati golongan darah kamu bisa menjadi rahasia kesehatan kamu. Mulai dari penyakit jantung dan stroke hingga jenis kanker tertentu, berikut ini alasan pentingnya golongan darah yang harus kamu tahu.

Golongan darah kamu penting, kecuali kamu baru saja mendonorkan darah, kamu mungkin tidak terlalu memikirkan golongan darah kamu.

Ternyata salah satu jenis golongan darah ini berisiko terkena serangan jantung, terutama pada pria.

Ada atau tidaknya molekul tertentu yang disebut antigen A atau B, serta protein yang disebut faktor Rh, menentukan golongan darah mana dari delapan golongan darah umum yang mengalir melalui pembuluh darah kamu.

BACA JUGA:4 Arti Mimpi Bertemu Mantan Pacar Menurut Sains, Kamu Salah Satunya?

BACA JUGA:4 Cara Membuat Catatan Kuliah yang Mudah Dipahami, Mahasiswa Baru Harus Tahu Nih

Golongan darah ini yaitu A+, A-, B+, B-, AB+, AB-, O+, atau O-. Namun, antigen ini membuat perbedaan di luar darah kamu, menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam Blood Transfusion pada tahun 2013. 

Mereka dapat memengaruhi bagian lain dari tubuh kamu, termasuk pembuluh darah, neuron, dan trombosit, dan sebagai hasilnya, golongan darah kamu dapat dikaitkan dengan risiko kamu terkena penyakit tertentu.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah beberapa rahasia yang diungkap dari golongan darah:

1. Tipe A, B, AB: Penyakit jantung


Ilustrasi-Freepik.com-jcomp

BACA JUGA:5 Dampak Negatif Terlalu Baik pada Orang Lain, Salah Satunya Mengabaikan Diri Kamu Sendiri

BACA JUGA:4 Tips Efektif Menyelesaikan Pekerjaan Sebelum Deadline, yang Suka Menunda-nunda Wajib Tahu

Golongan darah non-O memiliki kadar protein pembekuan darah yang dikenal sebagai faktor von Willebrand dan faktor VIII 25 hingga 30 persen lebih tinggi. 

Sebagian karena perbedaan tersebut, orang-orang ini juga memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung 15 persen lebih besar dibandingkan dengan orang dengan golongan darah lain, menurut penelitian tahun 2015 dari BMC Medicine.

Kategori :