3 Menu yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Mangga, Kopi Salah Satunya?

Minggu 15-09-2024,09:38 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

2. Kopi 


Potret kopi-Freepik.com-

Ternyata kopi juga termasuk minuman yang tidak disarankan diminum bersama mangga. Kafein pada kopi diduga mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh.

BACA JUGA:Mengenal Tentang Susu Ikan: Mana yang Lebih Sehat, Susu Sapi atau Susu Ikan? Ini Jawabannya

BACA JUGA:Siapa Saja yang Boleh Mengonsumsi Susu Ikan? Yuk Temukan Jawabannya di Sini

Kafein mempengaruhi cara tubuh menyerap kalsium dari makanan dan dapat meningkatkan jumlah kalsium yang dikeluarkan oleh ginjal.

Selain itu, kafein dapat mengganggu pengikatan vitamin D pada reseptor. Vitamin D sendiri membantu penyerapan kalsium dari usus.

Menurut FoodData Central, 1 cangkir (165 gram) mangga mengandung 18,2 mg kalsium. Di sisi lain, saat kamu meminum secangkir kopi instan, tubuh kamu menyerap antara 30 dan 90 mg kafein, lebih sedikit dibandingkan jumlah kafein dalam kopi biasa.

3. Es Krim 


Potret es krim-Freepik.com-

Pernahkah kamu makan es krim lalu mangga, atau sebaliknya? Kelihatannya sepele. Namun, ternyata hal tersebut bukanlah kebiasaan yang sehat.

Es krim dengan variasi vanilla dan coklat mengandung sekitar 14 gram dan 16,8 gram gula masing-masing per 1/2 cangkir (66 gram).

Di sisi lain, mangga juga mengandung banyak gula. Jumlahnya kurang lebih 22,5 gram per cangkir (165 gram) buah mangga mentah.

Batasan asupan gula tambahan adalah kurang dari 10 persen kalori harian tubuh kamu, atau sekitar 50 gram gula pada diet 2.000 kalori.

Oleh karena itu, mengonsumsi 1-2 cangkir es krim dapat meningkatkan penyerapan gula oleh tubuh kamu.

Es krim dan mangga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dalam jumlah banyak karena kandungan gulanya tinggi. Kelebihan gula dalam tubuh dapat menyebabkan diabetes, penambahan berat badan, dan obesitas.

Kategori :