Minimnya Budaya Literasi! Mahasiswa KKM 36 UNIBA Adakan Perpustakaan Keliling di SD Negeri Bulakan

Selasa 13-08-2024,14:56 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) 36 Universitas Bina Bangsa (UNIBA) Kota Serang menggelar kegiatan perpustakaan keliling di SD Negeri Bulakan, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, pada Senin (12/08/24).

Kegiatan ini diselenggarakan dengan bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa dan memperluas akses mereka terhadap bahan bacaan.

Kegiatan perpustakaan keliling ini dilaksanakan pada hari Senin, 12 Agustus 2024, di halaman SD Negeri Bulakan. 

Mahasiswa KKM 36 membawa berbagai jenis buku, termasuk buku cerita anak, buku pengetahuan umum, dan buku pelajaran, yang dapat dipinjam oleh siswa untuk dibaca di lingkungan sekolah.

Ketua KKM 36, Saiful, menjelaskan bahwa program ini dirancang untuk menumbuhkan minat baca di kalangan siswa serta memperluas akses mereka terhadap berbagai literatur. 

"Kami ingin memberikan kesempatan kepada anak-anak di daerah ini untuk menikmati berbagai bacaan yang bermanfaat dan menginspirasi," ujar Saiful.

BACA JUGA:Kelompok 19 KKM UNIBA 2024 Turun Tangan Dalam Pekan Imunisasi Nasional di Desa Pulo Panjang

BACA JUGA:Film Kupu-kupu Kertas Angkat Kisah Cinta yang Terhalang Konflik

Selain mendatangkan Perpustakaan Keliling, mahasiswa KKM 36 juga mengadakan sesi membaca bersama dan diskusi singkat tentang isi buku. 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa dan memotivasi mereka untuk terus membaca dan belajar.

Kepala SD Negeri Bulakan, Agus memberikan apresiasi yang tinggi terhadap inisiatif mahasiswa KKM 36. 

"Kegiatan perpustakaan keliling ini sangat membantu dalam memperkaya pengalaman belajar siswa kami. Kami berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut," ungkap Agus.

Program perpustakaan keliling ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang direncanakan oleh mahasiswa KKM 36 selama masa pengabdian mereka di Kecamatan Cinangka. 

Selain perpustakaan keliling, mereka juga akan menyelenggarakan berbagai kegiatan edukatif lainnya, seperti belajar khusus di posko KKM 36 Bulakan.

Dengan adanya perpustakaan keliling ini, diharapkan siswa di SD Negeri Bulakan dapat lebih termotivasi untuk membaca dan belajar, serta memperoleh pengetahuan yang lebih luas. 

Kategori :