Sering Puasa Senin Kamis? Yuk Intip 4 Keutamaannya, Ternyata Ini

Rabu 31-07-2024,21:30 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

2. Hari dibukanya pintu surga

Rasulullah SAW bersabda bahwa Allah SWT membukakan pintu surga pada hari senin dan kamis.

Artinya: “Sesungguhnya pintu-pintu surga dibuka pada hari senin dan kamis. Semua dosa hamba yang tidak menyekutukan Allah akan diampuni, kecuali bagi orang yang antara dia dan saudaranya terdapat kebencian dan perpecahan.” (HR Muslim No. 4652)

3. Hari setor amal

Saat itu kondisi Usamah berpuasa, sedangkan usianya sudah lanjut. Sang budak pun bertanya, "Mengapa engkau berpuasa Senin-Kamis padahal engkau sudah lanjut usia?"

Dalam suatu riwayat dijelaskan

Usamah menjawab, "Sesungguhnya Nabi Muhammad Saw berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Ketika Nabi ditanya tentang hal itu, beliau menjawab,

Dalam suatu riwayat, suatu ketika Usama bin Zaid pergi bersama budaknya ke Bukit Al Qura. Saat itu Usamah sedang berpuasa meski usianya sudah tua.

Sang budak pun bertanya Anak laki-laki itu bertanya, “Mengapa engkau berpuasa Senin sampai Kamis, padahal kamu sudah tua?"

Dalam suatu riwayat Usmah menjawab.

"Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW, berpuasa pada hari Senin dan Kamis."

4. Hari kelahiran dan wafat Rasulullah

Hari senin merupakan hari lahir sekaligus hari wafatnya Rasulullah. Dalam satu hadis dijelaskan.

Artinya: "Nabi ditanya soal puasa pada hari senin, beliau menjawab 'Pada hari itu aku dilahirkan dan wahyu diturunkan kepadaku." (HR Muslim: 1162)

Itulah keutamaan dari puasa senin kamis yang harus kamu tahu, karena selain ada manfaatnya puasa ini juga punya keutamaannya. (*)

Kategori :