Kamu Sering Puasa Senin Kamis? Ternyata Selain Bernilai Ibadah, Puasa Ini Punya Banyak Manfaatnya

Rabu 31-07-2024,20:30 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

Selain pahala shalat, dilansir dari buku Living Hadis: Implementasi Pola Hidup Nabi berikut beberapa manfaat lainnya dari puasa senin kamis:

1. Tubuh menjadi lebih sehat

Dari sudut pandang medis, puasa mendukung kesehatan pencernaan, dan puasa psikologis membuat emosi kamu lebih stabil dan tidak mudah marah dan depresi.

Ketenangan saat puasa membuat jiwa bahagia. Manfaat medis dan psikologisnya membuat tubuh kamu lebih sehat baik fisik maupun mental.

2. Menguatkan Jiwa

Puasa, baik itu puasa wajib maupun puasa sunah seperti puasa senin kamis, dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap kejiwaan seseorang karena melalui puasa seseorang semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

3. Melatih Kesabaran

Khasiat puasa senin kamis berikutnya adalah membantu dalam melatih kesabaran, pengendalian diri dan pengendalian hawa nafsu, meningkatkan motivasi dalam beraktivitas sehingga meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT.

4. Membantu Mengobati Kecanduan

Puasa memberikan kesempatan pada tubuh untuk berhenti dari kebiasaan buruk. Misalnya saja asupan kafein, gula, dan makanan manis yang berlebihan. Puasa mengurangi konsumsi minuman dan makanan.

5. Melatih Disiplin

Secara tidak langsung, puasa senin kamis dapat melatih kamu untuk selalu disiplin dalam segala hal.

Saat berpuasa, seseorang harus mengikuti aturan puasa menekan nafsu dan berpuasa sepanjang hari.

Nah, itulah beberapa manfaat dari puasa senin kamis yang harus kamu tahu, karena selain bernilai ibadah puasa senin kamis ini punya banyak manfaat untuk tubuh bahkan psikolog. (*)

Kategori :