Cara Mengobati Gula Darah Rendah: 4 Trik Ini yang Harus Diketahui Setiap Penderita Diabetes, Cek Penyebabnya

Senin 24-06-2024,14:19 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

Banyak orang juga menggambarkan perasaan jantungnya berdebar kencang, gula darah rendah juga bisa terjadi di malam hari, menyebabkan mimpi buruk dan keringat malam.

Gula darah rendah dalam jumlah sedang dapat menyebabkan perubahan perilaku, membuat kammu takut, bingung, atau marah. Hal ini juga dapat memicu penglihatan kabur, bicara tidak jelas, dan masalah keseimbangan dan berjalan.

Jika kamu tidak mendapatkan pengobatan dan menderita gula darah yang sangat rendah, kamu bisa kehilangan kesadaran dan mungkin mengalami kejang, kerusakan otak atau jantung yang tidak dapat diperbaiki, koma, atau bahkan kematian.

Jika kadar gula darah kamu rendah (di bawah 70 mg/dl), makan atau minum sesuatu yang setara dengan 15 gram karbohidrat kerja cepat (4 ons jus). Meskipun kamu merasa baik-baik saja, jangan menunggu gejala hipoglikemia muncul saat kamu memiliki gula darah rendah.

Istirahat selama 15 menit dan periksa kembali glukosa darah kamu. Jika masih seperti itu, ulangi proses ini sampai gula darah kamu mencapai kisaran yang sehat. Pastikan gula darah kamu telah kembali normal sebelum kemudian makan. Jika waktu makan kamu berikutnya masih lebih dari satu jam lagi, camilanlah dengan satu pilihan karbohidrat (pilihan dalam rencana makan penderita diabetes yang kira-kira sama dengan 80 kalori dan 15 gram karbohidrat) untuk menjaga agar gula darah kamu tidak turun lagi.

Oleh karena itu, berikut ini cara mengobati gula darah rendah atau diabetes yang harus kamu tahu:

1.Persediaan camilan yang tepat

Kasus hipoglikemia ringan dapat diobati dengan cepat dengan makan atau minum porsi kecil makanan kaya glukosa , atau makanan setara dengan satu pilihan karbohidrat (15 gram karbohidrat). “Meskipun sulit, cobalah untuk tidak mengonsumsi gula rendah secara berlebihan,” kata Dr. Halprin.

Perlu diingat bahwa gejalanya bertahan lebih lama daripada gejala sebenarnya. Jangan keluar rumah tanpa karbohidrat kerja cepat berikut untuk melawan gula darah rendah, setara dengan 15 hingga 20 gram: tiga atau empat tablet glukosa, empat atau lima kerupuk asin, lima atau enam potong permen keras, dua sendok makan kismis, satu porsi gel glukosa, setengah cangkir jus buah atau soda biasa, secangkir susu, atau satu sendok makan madu.

2.Dapatkan kit glukagon

Jika kamu menderita hipoglikemia, dan kadar gula darah kamu turun sangat rendah, kamu mungkin tidak cukup terjaga untuk makan atau minum sesuatu untuk menaikkannya kembali. Jika ini terjadi, kamu memerlukan suntikan glukagon. Glukagon adalah hormon yang membantu meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. 

3.Gunakan ID medis

Penting bagi penderita hipoglikemia untuk menyimpan perangkat peringatan medis jika terjadi episode hipoglikemik parah dan perangkat tersebut tidak harus dalam bentuk gelang atau kalung. 

4.Menjadi profesional tes mandiri

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah gula darah kamu terlalu rendah adalah dengan menguji kadar glukosa kamu. Untuk mendapatkan hasil yang paling akurat, pastikan untuk menyimpan meteran kamu pada suhu kamar, periksa tanggal kedaluwarsa semua perlengkapan pengujian, dan cuci tangan kmau dengan air sabun hangat (dan keringkan dengan baik) sebelum menusuk jari kamu. Kelembapan, strip tes yang ketinggalan jaman, dan jari yang basah dapat membuat hasil tes kamu tidak dapat diandalkan. 

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengobati gula darah rendah yang harus kamu tahu terutama untuk kamu para penderita diabetes. (*)

Kategori :