Sering Merasa Insecure? Lakukan Tips Agar Kamu Bisa Menerima Keterbatasan Diri Sendiri

Senin 22-01-2024,15:16 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

2. Terimalah kekurangan diri sendiri

Jauh lebih mudah untuk mengevaluasi diri kita sendiri secara jujur dan mengakui kekurangan kita daripada menerimanya. Sayangnya, mengkritik orang lain memiliki konsekuensi. 

Hal ini dapat menciptakan ketegangan dalam hubungan dan membuat kamu tidak mungkin membangun hubungan yang baru. 

Daripada langsung mengkritik orang lain, fokuslah pada diri sendiri dan bagaimana kamu bisa memperbaiki diri.

Sebagai latihan praktis, tangkaplah diri Anda sendiri yang sedang mengkritik orang lain dan renungkanlah secara mendalam untuk melihat bias implisit.

Ketika kamu mendapati diri kamu mengkritik orang lain, tanyakan pada diri sendiri Apakah kamu juga melakukan hal yang sama? dan tanyakan mengapa hal ini sangat mengganggu saya?

Jika kamu menyadari kekurangan diri kamu sendiri, berusahalah untuk memperbaikinya. Misalnya, jika kamu menyadari bahwa kamu mudah menyimpan dendam, berusahalah untuk menemukan cara untuk memaafkan orang lain dengan cara yang sehat.

3. Tidak takut melakukan kesalahan

Bagian dari sikap rendah hati adalah memahami bahwa kamu pasti akan melakukan kesalahan. Inilah yang dimaksud dengan menjadi manusia. 

Belajar menerima kenyataan ini akan meringankan stres dan kecemasan karena berusaha tampil sempurna di depan umum. Selalu lakukan yang terbaik, tetapi ingatkan diri kamu bahwa tersandung dari waktu ke waktu adalah hal yang wajar saat mencoba mencapai tujuan kamu.

Misalnya, jika kamu memulai pekerjaan baru, jangan stres karena harus melakukan semuanya dengan sempurna. Atasan dan kolegamu akan mengharapkan kamu melakukan beberapa kesalahan di awal saat kamu terbiasa dengan pekerjaan tersebut.

Menoleransi kesalahan tidak sama dengan sengaja ceroboh dan ceroboh. Tindakan kamu akan memiliki konsekuensi, tetapi kesalahan biasanya akan dimaafkan jika kamu menunjukkan bahwa kamu telah melakukan yang terbaik.

BACA JUGA:Tips Merawat Bibir Hitam Agar Lebih Cerah

4. Bertanggung jawab atas kesalahan

Kamu mungkin takut tersinggung atau marah oleh orang lain, tetapi selalu lebih baik untuk mengakui kesalahan kamu daripada mencoba menutupinya dengan kebohongan. 

Mengakui kesalahan dan kekurangan diri kamu akan terlihat lebih rendah hati di mata orang lain dan menunjukkan ketangguhan dan sikap tidak mementingkan diri sendiri.

Kategori :