Hindari 5 Hal Ini Agar Wajah Terbebas dari Jerawat

Jumat 15-12-2023,17:22 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID – Sering merasa timbul jerawat terus menerus? Segera hindari beberapa hal berikut ini yang dipercaya sebagai penyebab timbulnya jerawat.

Jerawat adalah kondisi kulit umum yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat. Sebum, minyak yang membantu mencegah kulit mengering dan sel-sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori. 

Hal ini menyebabkan peradangan, yang terkadang memiliki gejala berupa benjolan kecil berisi nanah pada kulit.

Kelainan kulit ini dapat terjadi pada bagian tubuh dengan kelenjar sebaceous yang paling sering terdampak adalah wajah, leher, dada bagian atas dan punggung. Benjolan ini disebut jerawat.

Untuk itu, maka hindarilah 5 hal berikut ini agar wajah Anda bisa tetap terjaga dan terhindar dari masalah kulit:

1. Batasi Riasan

Anda mungkin ingin menggunakan riasan untuk menyembunyikan jerawat, tetapi ketahuilah bahwa hal itu justru dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Jika Anda tidak ingin menghilangkan riasan dari rutinitas harian Anda, pilihlah alas bedak atau concealer yang tidak komedogenik dan bebas pewangi agar tidak terjadi iritasi lebih lanjut pada kulit.

Bersihkanlah riasan wajah dengan lembut di setelah aktivitas Anda yang berlangsung seharian penuh, terutama sebelum tidur.

Sama sekali tidak akan menyakitkan diri untuk membatasi riasan dan memperhatikan produk lain yang Anda gunakan di dekat wajah, terutama produk penata rambut yang akan berbahaya jika terkena wajah.

Semprotan rambut, sampo kering dan produk bertekstur dapat menyebabkan iritasi jika bersentuhan dengan kulit wajah Anda.

Dengan begitu, sebaiknya Anda bisa pertimbangkan pilihan bebas minyak dan non-komedogenik untuk produk yang akan digunakan nantinya.

BACA JUGA:Ikan Bawal Digemari Banyak Orang, Berkhasiat Atasi Jerawat dan Turunkan Berar Badan

2. Jangan Menyentuh Wajah yang Berjerawat

Menyentuh wajah Anda dapat memindahkan bakteri dan kotoran yang menyumbat pori-pori dari kulit tangan Anda.

Kategori :