Kenali Berikut Merupakan 5 Tahapan Tidur, Sudah Tahu Belum?

Rabu 29-11-2023,20:49 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID –  Berikut tahapan tidur dari mulai mengantuk hingga tidur nyenyak yang boleh Anda ketahui.

Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap orang, karena tidur dapat menambahkan energi ke dalam tubuh kita. 

Energi yang dihasilkan dari tidur bisa membuat efektivitas tubuh di pagi hari, di mana energi yang dapatkan mampu memberikan ketahanan tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. 

Tidur yang cukup harus didapatkan oleh setiap orang, di mana waktu tidur yang efektif ini berjalan selama 7-8 jam lamanya.

Adapun ketika kita akan tidur, kita tidak akang langsung tertidur lelap, namun akan melalui beberapa hal berikut ini untuk mencapai tidur yang nyenyak. 

Mengantuk

Ini merupakan tahapan awal sebelum tubuh kita benar-benar akan tidur, karena rasa kantuk akn muncul terlebih dahulu untuk menghantarkan tidur.

Dalam 5-10 menit pertama, tubuh akan tertidur dan otak memproduksi gelombang theta (rasa kantuk, pernapasan lebih lambat dan lebih dalam).

BACA JUGA:Jarang Disadari Ternyata Posisi Tidur Dapat Membuat Kerutan Pada Wajah, Yuk Cegah Dengan Cara Berikut

Tidur Ringan

Setelah merasakan rasa mengantuk, kita akan mulai dihantarkan untuk tidur setelah merasakan rasa kantuk yang berat.

Sekitar 20 menit lamanya, suhu tubuh akan turun dan detak jantung akan melambat, sehingga dari sini mulailah akan tertidur.

Tidur Sedang

Pada saat ini otak mulai menghasilkan gelombang otak yang dalam dan lambat yang disebut gelombang delta.

Kita akan memasuki pada tidur sedang, di mana di sini kita akan mulai menuju tidur yang akan pulas, sehingga akan terasa mulai nyaman utnuk tertidur.

Kategori :