Harus Diperhatikan, Jenis Usaha Ini Tidak Bisa Mengajukan Pinjaman KUR 2023 Loh

Selasa 19-09-2023,11:22 WIB
Reporter : Adinda Maulida Fatma
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan salah satu program Pemerintah untuk meningkatkan akses pembiayaan bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui lembaga keuangan yang dijamin. Salah satu perbankan yang memiliki program ini ialah KUR BRI 2023.

KUR BRI 2023 bertujuan untuk mempercepat pengembangan sektor riil dan memperkuat kapasitas modal kerja UMKM dalam mengimplementasikan kebijakan yang memperkuat dirinya.

Pembiayaan yang diberikan oleh KUR diperoleh dari dana bank atau lembaga keuangan yang menjadi penyalur KUR, salah satunya KUR BRI 2023. Dana yang diberikan dalam bentuk modal kerja atau dana untuk tujuan investasi dan diberikan kepada UKM perorangan, organisasi atau kelompok usaha yang memiliki usaha yang produktif dan layak namun tidak memiliki agunan tambahan.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, secara terbuka menyatakan bahwa program Kredit Usaha Rakyat (KUR) telah terbukti dapat membantu permodalan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) pada tahun 2022.

Pemerintah mendorong seluruh lembaga keuangan, termasuk perbankan, untuk berkontribusi dalam pengembangan UMKM sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang baik dan merata.

BRI merupakan salah satu bank umum yang menyalurkan bantuan permodalan ini. Oleh karena itu, program penyaluran dana untuk UMKM yang diberikan oleh bank ini disebut sebagai KUR BRI.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, sebagai bank penyalur KUR terbesar di Indonesia, mulai menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2023 pada tanggal 6 Maret 2023.

KUR BRI 2023 merupakan kredit modal kerja berbunga rendah dengan suku bunga tetap sebesar 6% per tahun bagi debitur yang bergerak di bidang usaha produktif.

Peminjam KUR pertama kali dikenakan suku bunga 6% per tahun untuk pinjaman Rp 10 juta ke atas (KUR Mikro dan KUR Keçil). Suku bunga akan lebih tinggi bagi nasabah yang meminjam lebih dari satu kali.

Untuk pinjaman KUR kedua, suku bunga meningkat menjadi 7%. Untuk pinjaman ketiga, suku bunga naik menjadi 8% dan kemudian menjadi 9%.

BACA JUGA: KUR BRI 2023 Tanpa Agunan Cair dalam 3 Hari, Cukup KTP dan KK Syaratnya

Jika Anda mengajukan KUR di BRI, Anda bisa mendapatkan pinjaman mulai dari puluhan juta rupiah hingga ratusan juta rupiah.

Ada tiga jenis KUR di BRI: KUR Mikro, KUR Kecil, dan KUR TKI.

KUR Kecil adalah KUR BRI yang menyasar pengusaha menengah dengan suku bunga dan pembayaran angsuran tetap atau setara.

Batas maksimum pinjaman KUR ini adalah Rp 500 juta. Selain batas maksimum, KUR ini cenderung memiliki jangka waktu pembayaran yang panjang.

KUR Mikro adalah pinjaman untuk pengusaha mikro kecil dengan plafon kredit Rp 25 juta. Jumlah ini dapat bervariasi sesuai dengan kebijakan bank pemberi pinjaman.

Modal diberikan kepada usaha kecil yang dinilai memiliki produktivitas dan potensi keuntungan yang tinggi. Bank pemberi kredit harus mempertimbangkan kemampuan peminjam untuk memenuhi kewajibannya.

KUR TKI adalah bantuan dana untuk tenaga kerja Indonesia (TKI) yang ingin bekerja di luar negeri namun tidak memiliki modal awal, jumlah maksimum pinjaman KUR adalah Rp 25 juta.

Perdagangan barang bekas

Perdagangan barang bekas adalah bisnis penjualan barang yang tidak diinginkan dalam berbagai kondisi. Dalam kondisi baik, rusak, atau setengah jadi.

Termasuk di dalamnya adalah pengepul besi tua, atau biasa disebut pengepul besi tua.

Perdagangan barang bekas merupakan salah satu usaha yang tidak dapat menerima pendanaan dari KUR BRI 2023.

Dropshipper atau reseller online

Bisnis jualan online kini bisa ditemukan di berbagai sektor usaha, baik kelas bawah, menengah, maupun atas.

Berjualan melalui berbagai marketplace dapat menjadi pilihan ketika perdagangan offline tidak berhasil.

Namun, seperti halnya KUR BRI 2023, ada skema penjualan online yang tidak didanai. Skema yang dimaksud adalah konsep dropshipper. Dropshipper adalah metode penjualan di mana barang dibeli dari sebuah marketplace dan dijual kembali secara online di marketplace yang sama.

Bisnis penyewaan alat berat

Bisnis penyewaan ini erat kaitannya dengan proyek-proyek berskala besar seperti pembangunan jalan, pertambangan, dan konstruksi bangunan.

Dalam proyek-proyek tersebut, kendaraan yang mendukung kebutuhan proyek adalah kendaraan yang dapat melakukan tugas-tugas di luar tenaga manusia. Dengan demikian, peluang bisnis penyewaan alat berat pun muncul.

Penyewaan alat berat meliputi ekskavator, beco, buldoser, forklift, traktor, dan roller.

Namun, usaha penyewaan alat berat ini tidak dapat mengajukan kredit KUR BRI 2023.

Alasannya: Mereka tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit tersebut karena membutuhkan modal yang cukup atau aliran dana minimal Rp 500 juta.

Di sisi lain, KUR BRI 2023 menyasar para pengusaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM dengan modal atau aliran dana di bawah Rp 500 juta.

Inilah tiga jenis usaha yang tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman KUR BRI 2023.(*)

BACA JUGA: Pinjam KUR BRI 2023 Rp30 Juta Tanpa Jaminan, Angsurannya Hanya Rp500 Ribuan

Kategori :