Berisiko! Korlantas Imbau Pemudik Lebaran Idul Fitri Tak Gunakan Sepeda Motor

Jumat 14-04-2023,06:32 WIB
Editor : M Widodo

INFORADAR.ID --- Mudik menggunakan sepeda motor memang praktis. Tapi, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengimbau pemudik Lebaran Idul Fitri 2023 tidak menggunakan sepeda motor, karena berisiko terjadi kecelakaan. 

 

Imbauan ini berdasarkan pengalaman pada tahun lalu, dimana angka kecelakaan pemudik yang menggunakan motor cukup tinggi, yakni mencapai 75 persen. 

 

Sehingga, imbauan ini disampaikan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas selama mudik Lebaran Idul Fitri 2023.

 

"Kami dari Korlantas tetap mengimbau untuk mudik tidak menggunakan sepeda motor," ujar Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan dalam konferensi pers secara virtual, Kamis, 13 April 2023.

 

"Karena menggunakan motor jarak jauh ini sangat berbahaya. Jadi imbauan ini demi untuk keselamatan teman-teman yang menggunakan sepeda motor," kata jenderal bintang satu ini. 

 

Menurut Brigjen Aan, berdasarkan data angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor sebesar 75 persen. Korlantas memerinci bahwa selama masa mudik terjadi 130 kecelakaan lalu lintas, 127 di antaranya melibatkan sepeda motor.

 

"Data yang ada di kita ini 75 persen kecelakaan lalu lintas itu melibatkan sepeda motor dari angka 130 lebih, ini 127 kecelakaan itu melibatkan sepeda motor. Jadi, sekali lagi, ini sangat tidak disarankan untuk menggunakan sepeda motor saat mudik," lanjut Aan sebagaimana dikutip dari laman PMJ News. 

 

Jalan keluarnya, Brigjen Aan menyarankan agar pemudik memanfaatkan program mudik gratis ataupun mudik bareng. Salah satunya yaitu mudik sepeda motor gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Kategori :