Anggota DPR dari Banten Nuraeni Sebut Biosaka Bisa Atasi Kelangkaan Pupuk

Rabu 11-01-2023,09:29 WIB
Reporter : Purnama Irawan
Editor : Ahmad Lutfi

PANDEGLANG, INFORADAR.ID - Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Daerah Pemilihan Banten  Nuraeni menyambut baik Kementerian Pertanian yang secara masif mengajari petani menggunakan biosaka untuk menyuburkan tanamannya. 

 

Pernyataan itu disampaikan Nuraeni saat menyaksikan Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Suwandi mengenalkan dan mempraktekan pembuatan biosaka di Desa Margagiri, Kecamatan Pagelaran.

 

Biosaka ialah ekstrak hasil remasan berbagai macam tanaman elisitor (berupa tanaman atau rumput liar)  sehat yang tumbuh di sekitar areal pertanaman yang sudah mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya yang dapat dipergunakan menyuburkan tanaman.

 

Menurut Nuraeni, teknologi baru dikembangkan oleh Kementerian Pertanian berupa elisitor biosaka ini dapat bermanfaat menyuburkan tanaman.

 

"Jadi agar tanamannya subur. Mudah-mudahan ini bisa dikembangkan untuk mengatasi kelangkaan pupuk," katanya usai menghadiri acara panen padi di Desa Margagiri, Kecamatan Pagelaran, Selasa, 10 Januari 2023.

 

Selain dapat mengatasi saat terjadi kelangkaan pupuk, kehadiran biosaka diharapkan dapat memotivasi petani dalam meningkatkan ketahanan pangan.

 Serta peningkatan ekonominya dari efisiensi penggunaan pupuk.

 

"Meningkatkan ketahanan pangan serta meningkatkan hasil pertanian. Untuk meningkatkan cadangan beras pemerintah," katanya.

 

Kategori :