Disway Award

7 Tips Mengelola Waktu dengan Lebih Baik Agar Kamu Bisa Tetap Produktif

7 Tips Mengelola Waktu dengan Lebih Baik Agar Kamu Bisa Tetap Produktif

Ilustrasi: Cara mengatur waktu kerja-Freepik.com-onlyyouqj

Teknik ini membantu kamu tetap fokus dan mencegah kelelahan mental, sementara istirahat singkat dapat meningkatkan produktivitas dengan memberikan kesempatan bagi otak untuk beristirahat.

3. Buat Jadwal Harian

BACA JUGA:5 Karakteristik yang Mencerminkan Anak Pertama: Kepemimpinan dan Tanggung Jawab

BACA JUGA:7 Jalan Tol dengan Pemandangan Indah di Indonesia, Salah Satunya di Sini

Menyusun jadwal harian adalah cara yang sangat efektif untuk mengelola waktu. Setiap pagi atau malam sebelumnya, buatlah daftar tugas yang harus diselesaikan pada hari itu. Gunakan aplikasi kalender atau planner fisik untuk mencatat kegiatan dan deadline yang harus diikuti. Dengan melihat apa yang perlu dilakukan sepanjang hari, kamu akan merasa lebih terorganisir dan fokus.

4. Eliminasi Gangguan

Gangguan merupakan salah satu musuh utama dalam manajemen waktu. Baik itu notifikasi media sosial, obrolan yang tidak relevan atau pekerjaan sampingan yang mengalihkan perhatian, semua ini bisa menguras waktu tanpa disadari. Identifikasi gangguan yang sering terjadi dan cari cara untuk menghindarinya.

5. Delegasikan Tugas Jika Perlu

Tidak semua tugas harus kamu kerjakan sendiri. Jika memungkinkan, delegasikan sebagian pekerjaan kepada orang lain untuk meringankan beban. Ini sangat penting, terutama ketika kamu merasa terjebak dengan beban kerja yang berat. 

Dengan mendelegasikan tugas, kamu tidak hanya membebaskan waktu tetapi juga memberi kesempatan bagi orang lain untuk berkembang dan memberikan kontribusi.

6. Belajar untuk Mengatakan Tidak

Seringkali, kamu merasa tertekan untuk menerima semua permintaan atau undangan, meski hal tersebut mengganggu rencana yang telah disusun. 

Belajar untuk berkata "tidak" dengan sopan adalah salah satu cara terbaik untuk mengelola waktu kamu dan ini membantu kamu tetap fokus pada prioritas dan menghindari kegiatan yang tidak penting.

7. Evaluasi dan Sesuaikan Jadwal Secara Berkala

Seiring berjalannya waktu, baik waktu maupun prioritas dapat berubah. Oleh karena itu, penting untuk secara berkala mengevaluasi jadwal dan cara pengelolaan waktu yang kamu lakukan. Apa yang efektif pada satu periode bisa jadi tidak relevan di periode lainnya. 

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: