Tips Mudah untuk Kamu Membaca dan Mengingat Isi Ratusan Buku

Tips Mudah untuk Kamu Membaca dan Mengingat Isi Ratusan Buku

Tips Membaca dan Mengingat Ratusan Buku dengan Mudah - Instagram @pembelajarproduktif-

INFORADAR.ID - Membaca buku mengkin menjadi hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan bagi kamu yang memiliki hobby membaca. Namun, untuk kamu yang tidak biasa membaca hal tersebut akan terasa berat dilakukan apalagi jika kamu harus mengingat isi dari buku yang telah kamu baca. 

Meskipun membaca buku memiliki segudang manfaat yang dapat kita rasakan secara langsung seperti memiliki wawasan yang luas, membangun pengetahuan diri, dan membuatmu memiliki banyak topik obrolan, nyatanya masih banyak orang yang kesulitan untuk mengingat-ingat apa yang telah mereka baca. al tersebut tentunya akan membuatmu merasa percuma telah membaca puluhan bahkan ratusan halaman buku. Untuk itu kamu perlu mengetahui tips yang telah dibagikan akun Instagram @pembelajarproduktif agar cara membaca bukumu menjadi lebih efektif.

Kunci yang dibutuhkan untuk membaca dan mengingat isi ratusan buku yang dibaca yaitu dengan konsisten menanamkan kebiasaan membaca dan belajar berbagai teknik membaca efektif seperti speed reading (membaca cepat). Namun, jangan salah kaprah dengan teknik membaca cepat ini, membaca cepat bukan berarti kita membaca buku secara cepat hingga tidak memahami isi bacaannya.

Justru, teknik membaca cepat ini seharusnya dapat membantu kita mempunyai kecepatan membaca secara alami yang lebih tinggi dari orang lain dan pastinya meningkatkan pemahaman kita terkait hal yang kita baca.

BACA JUGA:Lirik Lagu Rose BLACKPINK ft Bruno Mars - APT, Baru Rilis Langsung Trending YouTube

BACA JUGA:Tambah Cuan dari Tren Kopi Keliling Jadi Ide Baru di Kota Serang yang Belum Seramai Ibu Kota

Untuk kamu yang mungkin baru mulai membaca buku dan merasa kesulitan untuk memulainya, kamu bisa mulai dengan pembiasaan terlebih dahulu. Paksa dirimu untuk membaca minimal 2 halaman buku per hari agar keterpaksaan tersebut membuatmu terbiasa untuk membaca. Setelah kebiasaan membaca muncul kamu dapat perlahan mempelajari beragam teknik membaca cepat. 

Melalui akun Instagram @pembelajarproduktif, Bang Umar turut membagikan 7 hal yang dapat kamu lakukan untuk membaca banyak buku dan memahami isi bacaannya, yaitu sebagai berikut. 

1. Membaca Jenis Buku yang Kamu Sukai

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk dapat membaca banyak buku yaitu dengan membaca jenis buku yang kamu suka, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk membaca buku yang berat dan tidak sesuai kapasitasmu. Alangkah baiknya kamu mulai membaca buku dengan genre yang kamu suka. Hal tersebut dapat membantumu untuk menanamkan minat membaca dan membuatmu selalu antusias dalam membaca buku. 

2. Pilih Genre dan Topik yang Diminati 

Dalam membaca kamu perlu untuk memilih genre buku dan topik yang kamu minati, hal ini penting untuk membuatmu tidak mudah bosan dan memilih berhenti di tengah jalan dalam membaca. Sesuatu yang dimulai atas dasar kesukaan akan membuat hal tersebut lebih tahan lama. 

3. Cek Terlebih Dahulu Ulasan Buku

Ketika kamu baru memulai kebiasaan membaca buku penting untukmu melihat terlebih dahulu review dari buku yang ingin kamu baca, pilihlah buku yang populer dan banyak direkomendasikan karena biasanya buku tersebut merupakan buku yang bagus untuk dibaca, bagus dalam kualitasnya, kata-kata dalam buku tersebut yang mudah dipahami, dan kejelasan maknanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: