Punya Toko Oleh-oleh Tapi Bingung Memasarkannya? Ikuti 8 Langkah Cermat Ini

Punya Toko Oleh-oleh Tapi Bingung Memasarkannya? Ikuti 8 Langkah Cermat Ini

Ilustrasi bisnis toko oleh-oleh-Pexels-pixabay.com

2. Membangun Jaringan Bisnis

Jaringan bisnis bukan hanya penting untuk bisnis besar, tetapi juga bagi UMKM. Dengan jaringan yang kuat, produk bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan.

3. Presentasikan Keunggulan Produk

Agar konsumen tertarik membeli produk, mereka perlu mengetahui keunggulannya. Presentasikan manfaat dan kelebihan produk secara jelas.

4. Kemas Produk Secara Menarik

Kemasan produk memainkan peran penting dalam menarik perhatian konsumen. Pastikan kemasan produk menarik dan rapi untuk meningkatkan daya tarik.

BACA JUGA:Tips Memulai Usaha Warung Kopi Kecil Tapi Keuntungan Stabil

5. Bangun Brand Produk

Selain kemasan, brand atau merek produk juga krusial sebagai identitas. Tanpa brand yang kuat, sulit bagi produk untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

6. Lengkapi Legalitas

Toko pusat oleh-oleh biasanya hanya menerima produk yang sudah memiliki legalitas resmi. Legalitas tidak hanya penting untuk administrasi, tetapi juga menjamin keamanan produk dari bahan-bahan berbahaya.

7. Lakukan Negosiasi

Kerjasama dengan toko oleh-oleh memerlukan negosiasi untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak, baik produsen maupun pemilik toko.

8. Sediakan Sampel Produk

Agar konsumen bisa menilai kualitas produk, sediakan sampel. Ini penting terutama untuk produk makanan yang bisa menarik perhatian konsumen jika dikemas dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ukmindonesia.id