5 Cara Ponsel Mempengaruhi Tubuh dan Pikiran Kamu, Bisa Jadi Penyebab Kanker

5 Cara Ponsel Mempengaruhi Tubuh dan Pikiran Kamu, Bisa Jadi Penyebab Kanker

Cara ponsel mempengaruhi tubuh dan pikiran-Freepik.com-Freepik

2. Mengganggu tidur


Ilustrasi-Freepik.com-yanyanya

Memindai ponsel sebelum tidur dapat mengganggu tidur kamu. Cahaya biru terang dengan panjang gelombang pendek yang dipancarkan perangkat kamu meningkatkan perhatian kamu di siang hari, tetapi di malam hari cahaya tersebut dapat menghambat produksi melatonin, yang membantu kamu tertidur.

BACA JUGA:4 Dampak Negatif Mengucek Mata Saat Bangun Tidur, Ternyata Bisa Buat Kamu Cepat Menua

BACA JUGA:5 Tanda Tubuh Kamu Butuh Istirahat, No 1 Sering Terjadi

3. Membuat kamu tidak bisa fokus


Ilustrasi-Freepik.com-katemangostar

Saat kami terjaga, bunyi dengungan yang menandakan pemberitahuan baru di ponsel kamu dapat melemahkan kemampuan kamu untuk fokus pada suatu tugas, demikian temuan para peneliti di Florida State University. Alihkan ponsel kamu ke mode "jangan ganggu" untuk menghilangkan gangguan tersebut.

4. Risiko kanker rendah

Paparan radiasi, yang selama ini dianggap sebagai risiko bagi pengguna ponsel yang sering menggunakan ponsel, mungkin bukan masalah yang signifikan. 

Ponsel pintar memang memancarkan radiasi, tetapi sebagian besar bukti ilmiah belum mengaitkan penggunaan ponsel dengan kanker.

5. Menyakiti matamu


Ilustrasi-Freepik.com-Freepik

Ponsel dapat memengaruhi mata kamu. Sekitar 60 persen mengalami gejala mata lelah akibat penggunaan ponsel, seperti mata kering, iritasi, penglihatan kabur, mata lelah, dan sakit kepala. Cobalah untuk sering berkedip, memperbesar ukuran huruf, dan menjauh dari layar setiap 20 menit.

Nah, itulah beberapa cara ponsel mempengaruhi tubuh dan pikiranmu yang harus kamu tahu supaya kamu bisa lebih mengontrol diri ketika menggunakan ponsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: