Tim Kamu Tidak Kompak? Ternyata Ini 5 Penyebabnya Kata Podcast Si Kutu Buku

Tim Kamu Tidak Kompak? Ternyata Ini 5 Penyebabnya Kata Podcast Si Kutu Buku

ilustrasi diskusi tim-Hasbi GenRB-

INFORADAR.ID - Tidak jarang kita menemukan situasi di mana sebuah tim tidak kompak, atau anggotanya sulit berkolaborasi secara efektif, kondisi ini bisa menimbulkan berbagai masalah.

Kerja tim adalah salah satu elemen terpenting dalam mencapai tujuan bersama, baik itu dalam perusahaan, komunitas, organisasi dan sebagainya.

Mungkin kamu pernah merasa aneh dengan adanya tim kamu yang tidak kompak. Misalnya saat kamu ingin meminta tolong tapi merasa takut dianggap tidak kompeten. 

Jika begitu, kemungkinan tim kamu tidak kompak, kamu berada dalam tim yang tidak bekerja secara maksimal. Sulit berkomitmen, menghindari tanggung jawab atau hanya saling mementingkan diri sendiri.

Ketika tim kamu tidak saling terbuka dan mengenal satu sama lain, maka akan sulit untuk melangkah maju karena fondasinya tidak kuat.

BACA JUGA:Menjelang Tes SKD CPNS 2024, Yuk Ketahui Tata Tertib dan Hal yang Harus Dipersiapkan

BACA JUGA:Tempat Paling Berhantu di Dunia Versi Google Art and Culture

Perlu kamu tahu jika perusahaan yang sukses tidak dilihat dari seberapa hebat strategi bisnisnya, tapi ditentukan seberapa hebat timnya dalam bergerak maju.

Dalam podcast Si Kutu Buku oleh Michael dalam Spotify yang membahas review buku, motivasi dan kisah inspiratif, terdapat episode yang membahas 5 penyebab tim kamu tidak kompak.

5 poin ini berdasarkan buku 'The Five Dysfunctions of a Team' karya Patrick Lencioni.

1. Tidak Ada Kepercayaan

Tim kamu tidak kompak karena tidak adanya kepercayaan antar mereka. Kepercayaan merupakan fondasi dari kerjasama tim yang sesungguhnya. 

Sebuah tim yang tidak dapat bekerja dengan baik karena mereka gagal untuk membuka diri satu sama lain, seperti tidak takut menunjukkan kelemahan mereka.

Kepercayaan yang dimaksud adalah percaya jika anggota tim memiliki niat yang baik dan tulus sehingga menciptakan keamanan psikologis dalam tim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: