4 Cara Membuat Catatan Kuliah yang Mudah Dipahami, Mahasiswa Baru Harus Tahu Nih

4 Cara Membuat Catatan Kuliah yang Mudah Dipahami, Mahasiswa Baru Harus Tahu Nih

Cara mudah membuat catatan kuliah supaya bisa mudah dipahami-Freepik.com-Freepik

Struktur adalah kunci untuk membuat catatan yang jelas. Subjudul, poin-poin, dan pemisah dapat membantu menjaga catatan kuliah kamu tetap bersih dan mudah dibaca.

Memisahkan satu titik dari titik lainnya membuat halaman catatan kamu lebih mudah dibaca. Mengatur catatan kamu dengan benar akan membuat informasi tertulis kamu lebih jelas dan ringkas.

BACA JUGA:Tanda Produktivitas Toxic yang Bisa Mempengaruhi Hidup Kamu, Hati-hati Jangan Terlalu Ambis

BACA JUGA:4 Cara Menghentikan Siklus Produktivitas yang Toxic, Salah Satunya Berhenti Lakukan Ini

Subjudul membantu membedakan topik, sedangkan poin-poin membuat penjelasan singkat lebih mudah dipahami. Hal ini memudahkan untuk mengidentifikasi material penting tanpa menggali terlalu dalam.

2. Gunakan mind mapping


Ilustrasi-Freepik.com-Freepik

Jika kamu ingin membuat catatan secara visual, pemetaan pikiran adalah cara yang tepat. Metode ini mengungkapkan hubungan antar titik massa dalam bentuk diagram atau peta visual.

Hal ini tidak hanya membuat catatan kamu terlihat menarik, tetapi juga memungkinkan otak kamu mengasosiasikan satu konsep dengan konsep lainnya secara lebih alami.

Kekuatan mind mapping terletak pada kemampuannya menyajikan gambaran besar dan detail penting dari suatu topik.

Menghubungkan setiap konsep dengan garis atau panah menciptakan koneksi visual yang membantu otak kamu mengingat informasi.

3. Catat tanggal dan judulnya


Ilustrasi-Freepik.com-Freepik

Pastikan untuk memulai catatan kamu dengan tanggal dan judul setiap sesi kuliah. Ini adalah kebiasaan sederhana namun sangat bermanfaat.

Ini akan membuat catatan kamu lebih terorganisir dan lebih mudah dilacak jika kamu perlu mencari materi tertentu di masa mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: