Mengenal Eco Enzyme dan Kolaborasi Mahasiswa dengan Siswa MAN 2 Kota Serang

Mengenal Eco Enzyme dan Kolaborasi Mahasiswa dengan Siswa MAN 2 Kota Serang

INOVASI : Para siswa Man 2 Kota Serang Diajarkan Membuat Eco Enzym--

INFORADAR.CO.ID - Ketika bicara soal pelestarian lingkungan, eco enzyme kian dikenal sebagai salah satu solusi sederhana namun berdampak besar. Eco enzyme adalah cairan hasil fermentasi limbah organik, seperti sisa sayuran dan buah-buahan, yang kaya manfaat.

Selain mampu mengurangi sampah, eco enzyme memiliki berbagai kegunaan—mulai dari pembersih alami, pupuk, hingga pengusir serangga. Pembuatan eco enzyme ini juga terbilang mudah, hanya dengan mencampur sisa organik dengan gula merah dan air, lalu difermentasi selama tiga bulan.

Di Kota Serang, upaya pengenalan eco enzyme ini mendapat perhatian khusus dari Mahasiswa PLP Integratif kelompok 02 UIN Sultan Maulana Hasannudin Banten yang menggandeng siswa MAN 2 Kota Serang.

Pada Jumat, 30 Agustus 2024, mahasiswa tersebut mengadakan sosialisasi sekaligus praktik pembuatan eco enzyme bersama anggota pramuka di sekolah tersebut.


--

Kegiatan ini bukan hanya sekadar edukasi teknis, melainkan juga bentuk nyata dari kepedulian mahasiswa terhadap pengelolaan sampah organik dan peningkatan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan.

Mahasiswa tak hanya membimbing siswa-siswi untuk membuat eco enzyme, tetapi juga menanamkan nilai-nilai cinta lingkungan yang diharapkan terus tertanam hingga mereka dewasa.

Wandi Ruswandi, Ketua kelompok PLP Integratif UIN Sultan Maulana Hasannudin, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dampak positif bagi pengelolaan sampah di lingkungan sekolah.

"Selain membantu pengelolaan sampah, kami ingin menanamkan rasa cinta lingkungan kepada siswa-siswi MAN 2 Kota Serang," ungkapnya.

Apresiasi tinggi juga datang dari Ali Muali, Wakil Kepala Madrasah bidang sarana dan prasarana MAN 2 Kota Serang. Beliau menyoroti manfaat ganda dari kegiatan ini, bukan hanya soal ramah lingkungan, tetapi juga nilai ekonomis dari eco enzyme yang bisa mendorong jiwa kewirausahaan siswa.

"Ini adalah inovasi yang tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan, tetapi juga berpotensi menjadi sumber penghasilan bagi siswa di masa depan," tambahnya.

Melalui kolaborasi ini, mahasiswa dan siswa MAN 2 Kota Serang telah bersama-sama menunjukkan bahwa inovasi ramah lingkungan seperti eco enzyme bisa menjadi solusi nyata untuk masalah sampah, sekaligus membuka peluang ekonomi yang berkelanjutan.

Ini adalah langkah kecil yang bisa memberikan dampak besar, bukan hanya bagi lingkungan, tetapi juga bagi masa depan generasi muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: