Cara Membuat Surat Keterangan Sehat untuk Seleksi CPNS 2024, Bisa Online?

Cara Membuat Surat Keterangan Sehat untuk Seleksi CPNS 2024, Bisa Online?

Ilustrasi pembuatan surat keterangan bebas narkoba-Free-Photos-pixabay.com

INFORADAR.ID - Surat keterangan sehat merupakan salah satu dokumen penting yang harus disertakan dalam pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau seleksi CPNS 2024.

Dokumen seleksi CPNS 2024 yang berupa surat keterangan sehat ini adalah pernyataan dari dokter bahwa seseorang dalam keadaan sehat tanpa penyakit berdasarkan hasil pemeriksaan medis.

Untuk mendapatkan surat keterangan sehat, Anda dapat mengunjungi puskesmas atau rumah sakit terdekat. Selain untuk keperluan CPNS 2024, surat ini juga sering dibutuhkan dalam proses melamar pekerjaan, melanjutkan studi, dan keperluan lainnya.

BACA JUGA:Link Download Format Surat Lamaran CPNS 2024

1. Persyaratan Membuat Surat Keterangan Sehat

Berdasarkan informasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, berikut adalah beberapa dokumen yang perlu disiapkan saat membuat surat keterangan sehat di puskesmas atau rumah sakit:

  • Pemohon harus datang sendiri, tidak diwakilkan.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Pasfoto berwarna ukuran 3x4.
  • Kartu BPJS Kesehatan (jika ada).
  • Biaya administrasi.

Biaya pembuatan surat keterangan sehat di puskesmas cukup terjangkau. Bagi peserta BPJS Kesehatan yang masih aktif, biaya sekitar Rp20 ribu. Sementara itu, bagi yang tidak memiliki BPJS, biayanya sekitar Rp36 ribu.

2. Ketentuan Membuat Surat Keterangan Sehat untuk CPNS

Beberapa ketentuan yang harus diperhatikan saat membuat surat keterangan sehat untuk CPNS:

  • Surat keterangan sehat harus berasal dari dokter pemerintah, baik di rumah sakit pemerintah, TNI, Polri, atau puskesmas, dan harus terbaru.
  • Dokter yang menandatangani surat harus memiliki NIP atau NRP.
  • Surat keterangan sehat bisa dibuat di luar domisili, asalkan dokter yang memeriksa dan menandatangani surat tersebut adalah dokter pemerintah.
  • Bagi pelamar dengan kualifikasi pendidikan SLTA Sederajat untuk posisi Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian, surat keterangan sehat harus mencantumkan tinggi dan berat badan.

BACA JUGA:Cari Contoh Surat Pernyataan CPNS 2024? Ini Link Downloadnya

3. Langkah-langkah Membuat Surat Keterangan Sehat di Puskesmas

Berikut ini langkah-langkah membuat surat keterangan sehat di puskesmas:

  • Kunjungi puskesmas terdekat dan pastikan Anda dalam kondisi sehat.
  • Daftarkan diri di meja administrasi dan informasikan tujuan untuk membuat surat keterangan sehat.
  • Anda akan mendapatkan nomor antrean atau dapat bertanya langsung mengenai prosedur kepada petugas.
  • Tunggu nomor antrean dipanggil, lalu Anda akan dibawa ke ruang pemeriksaan.
  • Petugas akan memeriksa keluhan, tekanan darah, berat badan, dan tinggi badan Anda.
  • Setelah itu, Anda akan diperiksa oleh dokter untuk anamnesis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang lainnya.
  • Dokter kemudian akan menentukan diagnosis dan memberikan rekomendasi pembuatan surat keterangan sehat ke bagian Tata Usaha.
  • Surat keterangan sehat akan diketik, ditandatangani oleh dokter, dan diberi cap oleh bagian Tata Usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: